14.4.16

>> Wow... Lukisan selfie termahal di Dunia Rp. 590 miliar

Lukisan selfie pelukis legendaris asal Belanda, Rembrandt, yang dibuat dengan tangannya sendiri diyakini keasliannya oleh para ilmuwan. Setelah melakukan tes selama 8 bulan, lukisan yang diperkirakan berusia 379 tahun itu dinyatakan sebagai karya Rembrandt. Karya seni yang memiliki nilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 590 miliar itu, saat ini kembali dipamerkan di Buckland Abbey National Trust, dekat Tavistock di Devon. Lukisan itu pertama kali diberikan kepada National Trust pada tahun 2010 sebagai hadiah dari Edna, Lady Samuel of Wych Cross.

Dilansir Daily Mail, Rabu (11/6/2014), meski lukisan itu sangat bernilai, National Trust tidak akan pernah menjualnya. Dalam lukisan potret berukuran 91 x 72 cm ini Rembrandt mengenakan topi beludru hitam dengan dua bulu burung unta. Lukisan yang dibuat pada tahun 1635 ini mulanya diragukan keasliannya oleh peneliti lukisan Horst Gerson dan Proyek Riset Rembrandt pada tahun 1968.

Pada saat itu mereka merasa ada area-area tertentu dari lukisan yang tidak mungkin dilukis oleh Rembrandt. Di antaranya adalah karena tanggal dan gaya lukisan yang tidak berkorelasi serta jenis panel yang terlihat tidak biasa. Kemudian pada tahun 2005, Dr Ernst van de Wetering yang dikenal sebagai seorang ahli lukisan menyimpulkan bahwa lukisan itu mungkin adalah hasil karya Rembrandt asli ketika diteliti menggunakan X-radiografi dan bukti lainnya.

Selanjutnya pada tahun 2012, Wetering mempelajari dan meneliti lukisan selfie tersebut di Abbey Buckland. Lalu, Christine Slottvedd Kimbriel yang merupakan seorang konservator lukisan di Hamilton Kerr Institute, mengkonfirmasikan bahwa itu benar-benar lukisan Rembrandt asli.

'Lukisan selfie ini telah kami uji keasliannya dengan serangkaian analisis dan pemeriksaan visual, menggunakan infrared reflectography, X-radiografi serta analisis media," kata Kimbriel. Kimbriel mengungkap, lukisan itu memperlihatkan kedalaman warna yang nyata, kedetilan gambar, dan menampilkan kain jubah Rembrandt berbentuk tiga dimensi.
( sumber )