15.4.16

>> 7 Peraturan aneh Lalulintas di Eropa

Sejumlah negara di Eropa terapkan aturan laluluntas yang unik atau kelihatannya tak lazim. Misalnya: denda untuk mobil kotor, denda karena ciprat pejalan kaki atau denda bagi truk yang berlomba di jalan bebas hambatan.

1. Inggris: Denda Bagi Penyiprat Pejalan Kaki

Polisi Inggris mendenda pengemudi £100 (sekitar Rp. 2 juta) jika tidak hati-hati mengemudi saat hujan dan menciprat pejalan kaki. Denda lebih tinggi £1,000 (sekitar Rp. 20 juta) dijatuhkan kepada pengemudi yang memonopoli jalur tengah di jalan bebas hambatan, karena polisi menganggap hal ini berpotensi memacetkan lalu lintas.


2. Rumania: Hukuman Bagi Mobil Kotor

Mengemudi mobil kotor di Rumania tergolong tindakan ilegal. Polisi dapat menilang pengemudi yang mobilnya kotor sehingga pelat nomornya tidak bisa dilihat, atau juga lumpur menutupi lampu depan, lampu belakang dan kaca depan.


3. Swiss: Truk Lambat Dilarang Saling Mendahului

Swiss ambil tindakan tegas terhadap para pengemudi truk yang berlomba di jalan bebas hambatan dengan kecepatan kurang dari 100 km/jam. Mulai tahun 2016 jalur paling kiri hanya diperbolehkan bagi mobil yang berkecepatan minimal 100 km/jam. Truk yang berlomba di jalur kiri dengan kecepatan di bawah ketentuan akan didenda.


4. Islandia: Wajib Ban Musim Dingin

Islandia menerapkan wajib gunakan ban musim dingin antara bulan November hingga April. Sementara Austria, Estonia dan Finlandia, menerapkan wajib menyediakan rantai ban saat musim dingin. Walau bukan merupakan kewajiban, di banyak negara Eropa membawa rantai ban untuk musim dingin sudah jadi kebiasaan.


5. Finlandia: Cermati Jadwal Pembersihan Jalan

Di Finlandia jalan raya dibersihkan secara teratur. Di ibukota Helsinki jadwalnya ditempel di lokasi yang mudah dilihat dan via Internet. Mobil warga yang masih diparkir di bahu jalan saat pembersihan jalan dilakukan akan diderek, dan dibebani biaya penderekan serta denda.


6. Hidupkan Lampu di Siang Hari

Swedia, Norwegia, Denmark dan Polandia menerapkan aturan bagi mobil pribadi, wajib hidupkan lampu depan juga di siang hari saat matahari bersinar cerah. Bahkan aturan ini berlaku untuk mobil penumpang dan minivan di seluruh Eropa sejak 2011. Aturan bertujuan menurunkan risiko kecelakaan. Pelanggaran bisa ditilang atau dikenai point hukuman pada SIM.


7. Spanyol: Wajib Kacamata Cadangan

Spanyol mewajibkan pengemudi pemakai kacamata membawa kacamata cadangan. Hal ini bahkan dicantumkan dalam SIM pemakai kacamata. Jadi pastikan membawa satu kacamata cadangan di mobil saat berkendara di Spanyol agar tidak berurusan dengan polisi.
( sumber )