15.4.16

>> Hewan besar ini adalah hasil kawin silang antara Singa dan Harimau

Bagaimana jika seekor singa jantan dikawinkan dengan harimau betina? Lahirlah spesies baru bernama Liger. Perkawinan silang tersebut dapat dilakukan karena singa dan harimau masuk dalam famili dan genus yang sama. Kedua kucing besar tersebut masuk famili Felidae dan bergenus Panthera. Persilangannya Liger, masuk dalam famili dan genus yang sama.

Uniknya, jika seekor singa jantan dikawinkan dengan seekor harimau betina maka akan lahir seekor Liger yang lebih mirip singa. Kemiripan didapat dari warna bulu coklat dan postur tubuh. Sedangkan jika seekor harimau jantan dikawinkan dengan seekor singa betina, maka akan menghasilkan Liger yang lebih mirip seperti harimau.

Linger semasa kecil

Selayaknya harimau, si kucing besar Liger tidak takut air dan dapat berenang. Namun berbeda dengan induk harimau yang suka menyendiri, Liger mewarisi sifat singa yang suka berkoloni dan hidup dalam kelompok. Itulah mengapa Liger cenderung jinak dan hidup bersahabat dengan manusia.

Adalah Hercules, seekor Liger yang mendapat julukan gelar kucing terbesar yang hidup jinak. Hercules sendiri memiliki bobot 418,2 kilogram. Selain bobot tubuhnya yang luar biasa, Hercules memiliki panjang tubuh 3,3 meter dihitung dari kepala hingga ekor. Saat berdiri, si kucing besar ini memiliki tinggi 1, 25 meter. Hampir menyamai tinggi wanita dewasa di Indonesia. Liger jinak ini hidup di suaka margasatwa Myrtle Beach Safari di kota South Carolina, USA.

Foto Keluarga Linger bersama Ibu dan Bapak nya

Si kucing Liger hanya dapat bertahan di lingkungan tertentu. Hal ini terjadi karena wilayah dari singa dan harimau saling tumpang tindih. Liger biasanya tumbuh lebih besar daripada induknya. Ia dapat tumbuh besar jika mendapat asupan makanan yang melimpah. Herkules adalah contohnya.
( sumber )