13.4.16

>> Mungkin Anda rutin melakukan 5 kebiasaan yang ternyata berbahaya ini

Anda sebenarnya bermaksud baik dengan kebiasaan sehat seperti sikat gigi setelah makan, atau tidur lebih lama di akhir pekan. Tapi beberapa kebiasaan yang selama ini dianggap sehat, ternyata justru menimbulkan masalah.


1. Sikat Gigi Setelah Makan
Sebaiknya Anda menunggu sekitar setengah jam, sebelum menyikat gigi. Ini menurut dokter gigi Howard R. Gamble. Asam dari beberapa jenis makanan, seperti tomat dan jeruk, bisa melunakkan email gigi dan membuatnya seperti batu pasir basah. Menyikat gigi saat email masih lunak bisa mempercepat efek gerusan asam yang mengikis lapisan di bawah email gigi.

2. Minum Diet Coke
Universitas Texas menemukan hubungan antara konsumsi minuman berkarbonasi, seperti Diet Coke, dengan obesitas. "Kalorinya nol, jadi Diet Coke tidak membuat gemuk," ujar Amy Goodson, pakar nutrisi. "Namun, pemanis artifisial pada minuman berkarbonasi tidak memuaskan ketagihan tubuh akan gula. Sehingga orang makan lebih banyak kalori dari makanan lain."

3. Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan
"Ada mitos bahwa jika kita kekurangan tidur di hari-hari kerja, kita bisa mengejar kekurangannya di akhir pekan dan tidur lebih lama," kata peneliti gangguan tidur Dr. Gregory Carter. "Tapi sebenarnya, cukup dengan tidur selama 8 jam dua hari berturut-turut." Lebih optimal lagi, jika tidur lebih awal ketimbang bangun lebih siang keesokan harinya.

4. Pulang Kerja Langsung Bereskan Rumah
Ada kebiasaan langsung membenahi rumah seusai bekerja. Masalahnya, bekerja tambahan setelah sibuk seharian berarti meningkatkan level hormon stres kortisol, ujar studi Journal of Family Psychology. Tingkat kortisol tinggi yang kronis bisa menyebabkan masalah kesehatan baik psikis maupun fisik, serta dapat mengganggu kinerja sistem kekebalan tubuh.

5. Surfing Internet dan Nonton TV Sebelum Tidur
Kebiasaan nonton TV dan main komputer yang memancarkan cahaya biru intensitas rendah sebelum tidur, akan menggangu jam internal tubuh. Gregory S. Carter dari Southwestern Medical Center mengatakan, walau Anda nonton TV tidak di kamar tidur, tetap saja cahaya biru tersebut "akan membuat Anda sulit bangun di pagi hari." Solusinya: matikan televisi dan semua alat eletronik 1 jam sebelum waktu tidur.
( sumber )