11.4.16

>> 9 Bahan rahasia Kosmetik, diantaranya akan membuat anda jijik

Kosmetika membuat penampilan Anda jadi cantik, tetap segar, mempesona, wangi dan kulit tetap halus. Tahukah Anda bahwa kulit udang, minyak bumi dan sperma adalah bahan rahasia dalam kosmetika yang digunakan sehari-hari?


1. Minyak Bumi
Parafin yang merupakan produk olahan dari minyak bumi adalah salah satu komponen penting dalam kosmetika berupa krim, lotion atau juga sabun. Bahan ini tidak berwarna dan tidak berbau,membentuk lapisan tipis pelindung kulit, yang membuatnya tetap lembut. Lembaga konsumen menyebut bahan ini aman, tapi beberapa pakar kimia memperingatkan adanya efek gangguan keseimbangan pada kulit.

2. Kulit Udang
Shampo, kosmetik perawatan rambut atau pasta gigi biasanya menggunakan unsur Chitosan sebagai pengikat lemak dan mengentalkan senyawa. Chitosan biasanya diperoleh dari kulit udang, cangkang kepiting serta kulit pelindung serangga.

3. Sisik Ikan
Dengan memakai “lip gloss“ bibir terlihat selalui basah, berkilau dan tidak mudah pecah. Salah satu bahan yang membuat kilauan pada lip gloss berasal dari sisik ikan.

4. Sperma
Unsur organik ini biasanya digunakan untuk memperpanjang umur sel. Kosmetika yang ditawarkan berkhasiat anti penuaan atau anti-aging biasanya mengandung preparat yang diolah dari sperma.

5. Plasenta Binatang
Krim anti kerutan pada wajah biasanya mengandung unsur yang diekstraksi dari ari-ari atau plasenta binatang. Hormon yang berada dalam plasenta diyakini berdampak meremajakan kulit. Terapi plasenta untuk meremajakan kulit juga amat populer di kalangan selebriti.

6. Lemak Hewani
Lemak hewani untuk kosmetika biasanya diperoleh dari beragam binatang, baik sisa binatang ternak dari rumah jagal atau dari bangkai binatang liar. Secara industrial bagian tubuh hewan dibuat bubur dalam kondisi tekanan tinggi. Lemak hewani banyak digunakan untuk membuat sabun.

7. Alkohol
Sekitar 95 persen kosmetika menggunakan alkohol sebagai bahan pelarut, baik itu pada body lotion, krim kulit, after shave, pewarna rambut atau obat kumur. Efek samping alkohol pada kosmetika adalah membuat kulit atau rambut makin kering dan pecah-pecah. Juga bisa memicu rasa mual atau sakit kepala.

8. Aluminium
Logam ini bukan hanya digunakan membuat kaleng minuman, tapi juga salah satu unsur penting dalam deodorant. Unsur ini mencegah transpirasi berlebihan dengan cara menutup pori-pori. Logam ini bisa memiliki efek sampingan iritasi kulit dan merusak saraf.

9. Bahan Pengawet
Sekitar 40 persen industri kosmetik menggunakan bahan pengawet, yang berfungsi seperti hormon. Bahan ini bisa mempengaruhi pertumbuhan janin serta mempercepat pubertas. Juga unsur seperti hormon diduga berdampak karsinogen atau bisa memicu kanker.