13.4.16

>> Penemuan 10 Spesies baru paling unik

Dari 18.000 spesies baru yang ditemukan tahun lalu, peneliti State University of New York's College of Environmental Science and Forestry (SUNY-ESF) menentukan 10 penemuan yang paling menarik.

1. Semakin Aneh Semakin Baik

Para peneliti memilih kesepuluh spesies berdasarkan hewan dengan kebiasaan tertentu atau karakteristik fisik yang unik. Laba-laba "Cebrennus rechenbergi" ini, menghindar dari pemangsa dengan melakukan cartwheel atau gerakan melintir seperti roda.


2. Kodok Indonesia Tidak Bertelur

Kodok "Limnonectes larvaepartus" masuk ke dalam daftar karena tidak seperti keluarga Anura yang bertelur dalam air, hewan betina langusng melahirkan berudu. Fertilisasi terjadi secara internal pada hewan betina. Kodok ini berasal dari pulau Sulawesi. Pada foto tampak kodok betina di sebelah kanan.


3. Lingkaran Tanaman di Dalam Laut

Ikan "Torquigener albomaculosus" membuat sarang yang mirip dengan misteri lingkaran tanaman dan tingginya bisa mencapai dua meter. Ikan jantan menggali palungan dengan sirip ekor yang bergetar dan bagian belakang tubuhnya.


4. Hiasan Pohon Natal

Di Meksiko, tanaman "Tillandsia religiosa" sudah lama dimanfaatkan sebagi dekorasi natal. Tapi para peneliti baru "menemukannya" sekarang. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 1,5 meter dan tumbuh di permukaan bebatuan. Masa berbunganya hanya antara bulan Desember dan Maret.


5. Mirip Ranting

Serangga "Phryganistria tamdaoensis" panjangnya 25 cm dan berwarna cokelat. Mirip sekali dengan batang atau ranting pohon. Hewan ini kini menjadi obyek penelitian favorit di taman nasional Tam-Dao di utara Vietnam.


6. Siput Tercantik

Siput "Phyllodesmium acanthorhinum" mungkin adalah yang paling indah di antara kesepuluh spesies baru. Hewan ini hidup di perairan dekat Jepang dan ukurannya hanya 17-18 mm. Warnanya merah, biru, putih, dan emas.


7. Ditemukan Setelah Punah

Spesies baru ini sudah lama punah. Dinosaurus "Anzu wyliei" bentuknya sekilas memang seperti burung, memiliki paruh dan tubuhnya dipenuhi bulu seperti burung. Namun, para pakar memperkirakan hewan ini tidak bisa terbang. Fossil yang ditemukan di Dakota, tingginya mencapai 3,5 meter dan bobotnya 300 kilogram dengan kaki yang panjang.


8. Tanaman Koral

Sejauh ini hanya ditemukan 50 sampel tanaman "Balanophora coralliformis" . Rantingnya panjang, akarnya tumbuh hingga muncul ke permukaan, dan wujudnya mengingatkan pada terumbu karang atau koral. Tanaman ini hanya tumbuh di lereng gunung di pulau Luzon, Filipina, pada ketinggian antara 1.500 dan 1.700 meter.


9. Makhluk Misterius

Wujudnya seperti jamur. Tetapi para peneliti belum bisa menentukan, apakah spesies yang habitatnya di laut dalam ini ada sekeluarga dengan ubur-ubur atau terumbu karang, atau spesies baru yang sama sekali tidak memiliki kaitan dengan keduanya. Spesies ini ditemukan di kawasan laut dalam di Australia.


10. Tawon Pelindung Anak

Spesies tawon baru yang ditemukan di Cina ini membangun sarang untuk anaknya dengan menumpuk semut-semut mati. Tawon betina tidak menjadikan semut sebagai makanan. Bangkai semut digunakan untuk membangun sarang dan melindungi dari ancaman. Sesuai dengan perilakunya, spesies ini dinamakan "Deuteragenia Ossarium" atau pembangun rumah dari tulang.
( sumber )