15.4.16

>> 5 Orang super kaya di Dunia dari hasil jualan permen

Dikenal sebagai makanan favorit anak-anak, permen ternyata dapat disulap menjadi alat pencetak uang bagi sebagian pengusaha. Terbukti, sebagian pengusaha terkaya di dunia mampu menyandang gelar miliarder karena bisnis permennya.

Mengutip laman The Richest, Rabu (11/6/2014), makanan yang manis ini memang disukai masyarakat dari berbagai belahan dunia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Makanan yang berasal dari China ini memang dapat diraih dengan harga yang terjangkau dengan rasa yang sudah pasti lezat. Tak heran, banyak pengusaha yang berhasil memanfaatkan kesuakaan masyarakat itu sebagai peluang bisnis yang besar. Berikut lima miliarder yang berhasil mendulang harta kekayaan dari permen:

1. Keluarga Mars - Total kekayaan (kombinasi): US$ 59,1 miliar

Keluarga Mars merupakan tiga kakak beradik yang memiliki perusahaan permen terbesar di dunia. Ketiga miliarder tersebut adalah Forrest Mars Jr, Jacqueline Mars, dan John Mars yang masing-masing memiliki jumlah saham setara di perusahaan tersebut.

Ketiganya juga memiliki total kekayaan yang sama senilai US$ 19,7 miliar dan membuatnya menjadi orang terkaya ke-36 di dunia. Meski ketiganya berada di jajaran direksi, tapi perusahaan tak lagi berjalan di bawah perintahnya. Kakek tiga kakak beradik tersebut, Frank Mars meluncurkan perusahaan permen pertamanya pada 1911 dan gagal. Pada 1920, dia mendirikan perusahaan lain yang kini dikenal dengan Mars Inc.

Dia lantas membantu puteranya, Forrest Mars untuk mendirikan perusahaan Mars Bar pada 1923 dan memajukannya ke dunia internasional. Hingga saat ini, Mars Inc merupakan perusahaan permen terbesar di dunia dengan volume penjualan yang melampaui US$ 30 miliar. Tak hanya permen, perusahaan ini juga meluncurkan sejumlah produk makanan lain.


2. Michele Ferrero dan Keluarga - Total kekayaan: US$ 26,7 miliar

Michele Ferrero merupakan orang terkaya dunia dalam daftar ini dan merupakan raja permen pertama yang muncul di jajaran orang terkaya dunia versi Forbes. Dia juga merupakan orang terkaya di Italia mengalahkan Silvio Berlusconi.

Dia merupakan pemilik perusahaan coklat raksasa Ferrero SpA yang didirikan ayahnya, Pietro Ferrero. Michele kini telah pensiun dan anaknya Giovanni Ferrero menjalankan perusahaan sendirian setelah kakanya meninggal secara tragis pada 2011. Ferrero SpA didirikan pada 1946. Michele mengambil alih operasi bisnis tersebut dan berhasil mengantarkan perusahaan pada masa kejayaannya.


3. Augusto dam Giorgio Perfetti - Total kekayaan: US$ 7,36 miliar

Nama keduanya mungkin tak akrab di telinga Anda. Tapi Augusto dan Giorgio merupakan miliarder terkaya dunia asal Italia yang kini tinggal di Swiss. Keduanya merupakan miliarder yang pemalu dan selalu terkesan menghindari media.

Keduanya mencetak harta hingga miliaran dolar dari warisan perusahaan ayahnya, Perfetti Van Melle. Perusahaan permen terbesar ketiga di dunia ini kini tak lagi mendapat campur tangan dari kedua bersaudara tersebut meski masih menjabat sebagai dewan direksi. Perfetti Van Melle didirikan paman dan ayah keduanya pada 1946 dekat Milan. Perusahaan yang mulai memproduksi permen karet tersebut lantas menjadi sangat populer di AS.


4. Axel Oberwelland - Total kekayaan: US$ 3,9 miliar

Axel Oberwelland mungkin merupakan nama yang tidak Anda kenal. Pria kelahiran Jerman ini merupakan CEO August Storck Group, sebuah perusahaan permen yang berbasis di Berlin. Meski Anda tak mengenalnya, tapi perusahaan permen tersebut melahirkan banyak merek ternama yang beredar di Eropa seperti Werther's Original, Riesen dan Toffiffee.

Axel tercatat mewarisi uang sebesar US$ 3,9 miliar dari sang ayah yang meninggal pada 2005. Artinya, kini Axel merupakan pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut dan bertanggungjawab atas berbagai operasi bisnisnya.


5. William Wrigley - Total kekayaan: US$ 2,5 miliar

William Wrigley Junior atau yang lebih akrab disapa Bill Wrigley mungkin merupakan miliarder yang namanya lebih dikenal khalayak ramai. Dia merupakan cicit dari William Wrigley Junior yang mendirikan perusahaan Wm. Wrigley Jr pada 1891.

Perusahaan tersebut merupakan produsen permen karet terbesar di dunia. Awalnya perusahaan itu memproduksi dan menjual sabun tapi William kemudian bereksperimen dan mulai menghasilkan permen karet. Permen karet tersebut lantas menjadi produk paling laris dan berhasil mengubah haluan bisnis perusahaan. Kini Wrigley Jr telah menjual permen karetnya ke lebih dari 180 negara dan menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 5 miliar per tahun.
( sumber )