13.4.16

>> Ular Piton misterius dari Gunung Lawu ditangkap Warga

Sejak sepekan lalu warga Jalan Thamrin, Magetan, Jawa Timur, geger karena menemukan makhluk Gunung Lawu turun gunung. Makhluk yang dimaksud adalah ular piton berukuran besar yang hampir tiap hari ditemukan warga Jalan Thamrin dari tepian Kali Gandong. Kali lain warga menemukan lagi ular yang sepanjang enam meter, lingkar tubuhnya sebesar paha pria dewasa dan beratnya 60 kilogram lebih.

“Ini mungkin ular yang ke sekian yang ditemukan warga dalam minggu ini. Ular-ular ini terbawa arus ke Kali Gandong, kemungkinan dari atas (Gunung Lawu),” cerita Budi, penemu ular piton, kepada Surya (Tribun Network), Selasa (12/4/2016).

Budi menduga ular ini sudah memangsa tiga ekor ayam peliharaannya, karena ditemukan di kandang ayamnya yang berlokasi di belakang rumah.

“Ular ini kekenyangan setelah makan tiga ekor ayam. Dia juga tidak melawan saat ditangkap, meski berusaha merayap masuk ke air Kali Gandong. Tapi sebelum berhasil masuk Kali Gandong, saya dan beberapa tetangga berhasil menangkapnya,” kata pria bertubuh kerempeng ini.

Setelah berhasil ditangkap, Budi menyerahkan ular ini ke tetangganya di Jalan Manggis yang kebetulan pawang ular.

“Terserah nanti mau dijual atau dipelihara seperti yang ditangkap sebelumnya,” tambah dia.

Sebelumnya, warga sudah menemukan enam ular piton ditemukan merayap masuk ke rumah warga dan memangsa binatang peliharaan.