15.4.16

>> Melihat betapa uniknya saat hewan liar berfoto selfie

Smile! Peneliti memasang ratusan kamera tersembunyi di taman nasional Serengeti di Kenya. Hasilnya, 322.000 foto yang memberi kesan hewan liar sedang foto selfie. Simak beberapa fotonya pada galeri berikut...

Penasaran


Antelop yang tampak penasaran adalah salah satu bintang koleksi foto ini. Proyek "Snapshot Serengeti" adalah survey kamera ilmiah terbesar yang pernah dilakukan. 28.000 relawan turut membantu menyortir, mengarsip dan menganalisa gambar.


Terlalu Dekat
Seekor burung bangkai tampak sedang meneliti kamera para ilmuwan dari jarak sangat dekat. Ini satu dari 255 kamera yang tersebar di taman nasional seluas 1.125 kilometer persegi tersebut. Serengeti adalah salah satu taman nasional terbesar di dunia.


Pembersihan punggung


Foto diambil antara tahun 2010 dan 2013. Para peneliti mengidentifikasi 40 mamalia yang berbeda. Phacochoerus africanus, sejenis babi hutan atau celeng, terbidik saat melakukan pembersihan tubuh.


Tertangkap Kamera


Seringnya, kamera mengambil gambar karena dipicu gerakan tanaman di dekatnya atau suhu yang tinggi. Tapi dari 1,2 juta foto, 320.000 berhasil menangkap foto binatang. Seperti anak zebra ini yang berani memisahkan diri dari kawanan zebra lainnya, agar bisa mengamati bentuk kamera.


Pemandangan Langka


Menurut ilmuwan Alexandra Swanson yang menjalankan survey, pemasangan kamera ini merevolusi penelitian ekologi dan perlindungan alam dalam 20 tahun terakhir. Kamera menangkap momen yang biasanya sulit untuk dilihat secara langsung oleh manusia. Seperti foto hiena dengan buruannya di malam hari.


Tampak Belakang


Hasil jepretan kamera kini menjadi bagian dari kumpulan data besar. Pada penelitian ilmiah, foto selfie ini digunakan dalam algoritma yang menjadi model dan memprediksi perkembangan ekosistem keseluruhan.


Ilmu dan Perlindungan Alam


Hasil foto di Serengeti sangat berharga untuk para ilmuwan dan juga membantu upaya perlindungan alam. Setelah melihat betapa lucunya foto selfie para hewan, siapa yang tidak ingin melindungi hewan-hewan liar tersebut?
( sumber )