11.4.16

>> Bagi anda yang ingin liburan, berikut 10 Tujuan Wisata Halal Buat Wisatawan Muslim

Lembaga Pemeringkat Wisata, Crescent, merunut daftar tujuan wisata halal buat wisatawan Muslim. Hasilnya, mulai dari kuil yang menyimpan potongan rambut Nabi Muhammad di India, hingga melihat kehancuran perang di Bosnia

1. Australia

Hampir semua kota-kota besar di Australia menawarkan fasilitas halal buat wisatawan muslim. Entah itu di Sydney, Melbourne atau Gold Coast, turis muslim dijamin tidak akan kekurangan makanan halal atau akses menuju tempat ibadah. Saat ini sudah banyak biro perjalanan di Indoensia yang menawarkan paket Umroh plus wisata muslim ke Australia.


2. India

Kendati tidak tercatat sebagai negara muslim, jumlah populasi penduduk beragama Islam di India termasuk yang tertinggi di dunia. Salah satu tujuan wisata paling populer buat wisatawan muslim adalah Kuil Hazratbal di Srinagar. Kuil yang juga memiliki sebuah masjid ini memiliki secuil rambut yang diyakini milik Nabi Muhammad S.A.W


3. Hongkong

Sebanyak enam masjid besar tersebar di Hongkong. Salah satunya, Masjid Jamia, bahkan terletak di dekat stasiun kereta utama. Pemerintah setempat mencatat terdapat 44 restoran halal yang terus diawasi produk makanannya. Kebanyakan adalah restoran Kebab atau Pizza.


4. Tanzania

Bersafari di Taman Nasional Serengeti atau bersantai di pulau Zanzibar adalah dua daya tarik wisata Tanzania. Negeri di selatan Afrika ini juga tergolong ramah buat wisatawan muslim. Banyaknya penduduk beragama Islam di Tanzania menjamin ketersediaan masjid dan rumah makan halal. Terlebih, belakangan agen-agen perjalanan lokal sudah mulai menawarkan paket safari halal untuk pelancong muslim.


5. Jerman

Muslim di Jerman sebagian besar diwakili oleh imigran Turki. Sebab itu tidak sulit menemukan kedai Kebab atau masjid besar, kendati kebanyakan berbahasa Turki. Di Jerman, ke manapun anda pergi, entah itu menganggumi pegunungan Alpen di selatan atau singgah di Berlin dan Hamburg, tempat ibadah dan makanan halal tidak pernah jauh dari jangkauan.


6. Bosnia Herzegovina

Sejumput wilayah di tenggara Eropa ini berkenalan dengan Islam lewat ekspansi Kesultanan Ustmaniyyah di Turki. Bosnia banyak menjaring wisatawan muslim yang ingin menyaksikan jejak perang melawan Serbia yang banyak menghancurkan situs-situs Islam bersejarah. Saat ini ada lusinan agen perjalanan yang menawarkan paket wisata khusus untuk wisatawan muslim.


7. Thailand

Sejak tiba di bandara Suvarnabhumi, pelancong sudah mendapatkan fasilitas ruang sholat atau restoran halal. Kendati bermayoritaskan Buddha, Thailand adalah negeri yang ramah buat wisatawan muslim. Di Bangkok saja terdapat setidaknya 100 masjid.


8. Afrika Selatan

Islam pertama kali berjejak di Afrika Selatan lewat budak asal Indonesia yang dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda. Sejak itu Islam terus berkembang dan kini mewakili 1,5% dari total populasi. Tidak heran jika wisatawan muslim mudah menemukan restoran halal dan tempat ibadah di kota-kota besar. Afsel juga punya lembaga pemberi sertifikat halal sendiri yang mengawasi produk makanan dan restoran.


9. Singapura

Singapura menduduki tempat pertama sebagai negara non muslim yang paling ramah buat wisatawan beragama Islam. Selain makanan dan minuman halal, akses menuju tempat beribadah adalah kriteria utama dalam menentukan tujuan wisata halal terbaik di dunia.


10. Inggris

Dengan populasi muslim lebih dari dua juta orang, Inggris menyediakan berbagai fasilitas halal buat wisatawan muslim. Banyaknya jenis makanan halal yang berasal dari Timur Tengah adalah salah satu keunggulan utama negara kepulauan di Eropa ini. Selain itu, menemukan masjid di kota-kota besar bukan hal yang sulit. Di Birmingham saja terdapat lebih dari 150 Masjid.