13.4.16

>> Melihat 5 Bangunan paling unik di Dunia

Sebagian besar orang memilih untuk bertempat tinggal di kompleks perumahan yang lengkap dengan fasilitas publik yang mudah di akses. Namun ada juga yang ingin menyicipi sensasi berbeda dalam bertempat tinggal. Hasilnya, ada beberapa hunian yang di kembangkan dengan konsep unik, bahkan cenderung aneh. Mulai dari hotel di atas pohon, sampai dengan rumah dengan teknologi surya panel. Beberapa di antaranya bahkan di sewakan untuk penginapan turis atau masyarakat lokal.

Penasaran? Berikut ini Rumah.Com mengajak Anda menjelajahi beberapa bangunan dengan konsep tak biasa yang ada di seluruh dunia. Siapa tau salah satunya bisa menjadi referensi Anda ketika hendak merancang rumah atau bangunan baru.

1. Rumah Pesawat, Libanon

Sebuah rumah di desa Miziara, Libanon yang di bangun sejak tahun 2002 ini memiliki bentuk bangunan menyerupai pesawat. Bangunan dua lantai ini memiliki 30 jendela dan dua reaktor pada setiap sayap, membuat kita teringat dengan bentuk pesawat Airbus A380. Rumah unik ini dibangun oleh Said Jammal untuk istrinya yang bernama Liza, untuk mengenang hobi istrinya yang gemar traveling.


2. Rumah Terbalik, Rusia

Di Krasnoyarsk Rusia, terdapat hunian yang di bangun terbalik. Rumah ini sengaja di bangun pemerintah sebagai objek wisata bagi warga lokal maupun turis. Tidak hanya eksterior bangunan saja, namun interiornya juga di pasang terbalik.

Mulai dari kaca, lukisan, dapur, sofa sampai televisi di letakkan 180 derajat dari posisi semula. Abadikan ilusi optik ini dengan mengambil foto, karena seakan-akan lantai rumah berada di atas kepala Anda. Ide ini merupakan hasil dari arsitek dunia ternama, Daniel Czapiewski.


3. Rumah Kubah (dome house), Indonesia

Indonesia ternyata punya salah satu hunian dengan bentuk unik. Terletak di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Desa ini sering disebut Dome, rumah kubah atau dikenal warga lokal sebagai Desa Wisata Teletubbies.

Sebelumnya perumahan ini adalah sumbangan NGO Amerika “Domes for the world foundation” untuk korban bencana gempa bumi pada tahun 2006 silam. Perumahan yang didesain anti gempa ini menjadi desa wisata sejak tahun 2009. Anda bisa menginap di Dome unik ini dengan tarif Rp 75.000 per orang sudah termasuk 2 kali makan.


4. Rumah Panel Surya, Heliodome, Perancis

Heliodome, bangunan dengan teknologi arsitektur panel surya ini terletak di Cosswiller, Prancis Timur. Bertujuan menjawab pasokan energi yang terbatas di tengah pemanasan global, rumah ini terbuat dari material kayu, kaca dan beton. Dengan teknologi penyimpanan panas, rumah ini memberi pemanas dan pendingin udara secara gratis.

Pada musim panas rumah ini akan terasa sejuk karena penjagaan suhu yang tetap dingin. Sementara itu pada musim dingin dan musim semi, sinar matahari akan memasuki jendela akan membuat ruangan terasa lebih hangat. Jika Anda tertarik memilikinya, Heliodome company menyediakan jasa pembangunan rumah dengan empat pilihan tipe, mulai dari 40 meter persegi sampai 600 meter persegi.


5. Hotel Pohon di Tengah Hutan, Swedia

Mungkin konsep hotel yang terletak di atas pohon sudah banyak di adaptasi, bahkan salah satunya ada di Malang, Indonesia. Namun Tree Hotel yang ada di Harads, Swedia ini menawarkan desain bangunan dan fasilitas yang jauh lebih lengkap. Tersedia beberapa jenis hunian dengan konsep yang unik, mulai dari model bangunan menyerupai pesawat UFO, kotak kaca, sampai dengan sarang burung.

Nikmati sensasi spa dan sauna di tengah hutan, sebelum memulai hari dengan aktivitas seru mulai dari berseluncur es, berpacu kuda, sampai dengan memancing. Untuk menginap di hotel ini, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp 6 juta-Rp 7 juta per malam.
( sumber )