15.4.16

>> Melihat Foto Kota Hiroshima - Nagasaki dulu dan sekarang

Tepat 70 tahun lalu Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di langit Hiroshima dan Nagasaki yang membunuh ratusan ribu penduduk. Kini kedua kota telah berubah, tapi tetap membawa luka lama yang tidak hilang.

Penduduk lokal berjalan melewati jembatan Aioi di Hiroshima setelah dihajar bom atom oleh militer Amerika Serikat. Jembatan yang dibangun tahun 1932 ini dijadikan sasaran target oleh pesawat AS karena bentuknya yang mudah dikenali dari udara.

Kini sekelompok anak-anak bisa melewati jembatan legendaris itu dengan aman. Jembatan Aioi sempat rusak berat setelah pemboman, lalu direparasi dan digunakan selama empat dekade. Tahun 1983 pemerintah Jepang merobohkan jembatan Aioi dan membangun replikanya di tempat yang sama.

Korban yang selamat masih menggunakan jembatan Aioi untuk berpergian dari pemukiman penduduk ke pusat kota. Terlihat dalam gambar betapa kawasan barat daya Hiroshima ini rata dengan tanah

Kini jembatan tersebut masih menjadi nadi kehidupan kota. Dari jembatan ini orang bisa dengan mudah mengunjungi Hiroshima Peace National Park yang mengabadikan tragedi tersebut.

Panas bom atom mencetak bayangan pagar pembatas di atas permukaan jalan pada jembatan Yorozuyo. Jembatan ini berjarak 860 meter dari pusat ledakan. Aspal yang hangus menghitam terlihat kontras dengan area yang tertutup pagar jembatan.

Saat ini jembatan Yorozuyo sudah menjadi ikon kota Hiroshima. Hampir tidak ada yang mengingatkan orang pada horror yang terjadi 70 tahun lalu, kecuali upacara peringatan yang digelar setiap tahun.v

Gedung bernama Hiroshima Prefectural Industrial Promotion Hall ini awalnya berfungsi sebagai tempat pameran untuk seni dan edukasi. Dibangun tahun 1915, gedung ini adalah satu-satunya bangunan yang selamat kendati berada dekat dari pusat ledakan.

Setelah Perang Dunia II gedung pameran ini mendapat julukan baru, Genbaku, alias Kubah Bom Atom. Setelah sempat nyaris mau dirobohkan, kini gedung yang berdiri di sebelah jembatan Aioi ini berfungsi sebagai monumen perdamaian Hiroshima.