15.4.16

>> 7 Fakta Ajaib kehidupan Semut

Kita mengenal semut sebagai hewan yang memiliki rasa sosial tinggi dan pekerja yang rajin. Dan biasanya tidak lebih dari itu. Namun masih banyak fakta lain mengenai hewan kecil ini. Berikut beberapa diantaranya.


1. Hewan yang Kuat
Di seluruh dunia terdapat lebih dari 10.000 spesies semut. Kebanyakan semut berukuran 2 mm sampai 7 mm. Semut Carpenter merupakan semut yang terbesar, dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 2 cm. Seekor semut mampu mengangkat beban dengan 20x lipat dari berat tubuhnya sendiri.

2. Serangga Pintar
Diantara serangga, semut merupakan hewan yang memiliki otak paling besar, terdiri dari sekitar 250.000 sel otak.

3. Pembagian Tugas
Ukuran ratu semut lebih besar daripada budaknya. Tugas utama ratu adalah memproduksi telur yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Semut jantan biasanya memiliki tubuh yang kecil, bertugas membuahi sang ratu dan akan mati setelah beberapa hari. Sementara semut pekerja bertugas untuk mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni. Sedangkan semut tentara bertugas menjaga sarang.

4. Mendengar dengan Kaki
Sebenarnya semut tidak bisa mendengar, karena tidak memiliki telinga. Namun hewan ini mampu merasakan suara lewat getaran. Untuk mengenali suara disekelilingnya, semut mengandalkan satu sensor khusus pada lutut dan kaki.

5. Dermawan
Semut umumnya memiliki dua perut, satu digunakan untuk mengolah makanan untuk tubuhnya dan yang lain digunakan untuk berbagi makanan dengan semut lainnya di koloni.

6. Umur Semut
Sementara ratu semut bisa hidup sampai 20 tahun, semut pekerja hanya mampu bertahan hidup sekitar 45-60 hari. Dan jika ratu mati, maka dalam beberapa bulan koloni semut tersebut akan musnah.

7. Perang Semut
Setiap koloni semut memiliki wilayah masing-masing. Tidak jarang satu koloni semut berusaha memperluas wilayah kekuasaan mereka. Jika ini terjadi, maka perang akan meletus, yang bisa berlangsung selama beberapa jam, atau bahkan beberapa minggu.