15.4.16

>> Bangga !! 5 Masakan khas Indonesia yang mendunia

Restoran masakan Indonesia masih cukup langka di Jerman, kalah jauh jumlah dengan restoran Cina, Jepang atau Korea. Walau demikian, ada beberapa masakan Indonesia yang cukup populer di dunia internasional.

1. Nasi Goreng

Jangan berharap akan selalu mendapat nasi goreng seperti di Indonesia, kalau Anda memesannya di luar negeri. Seperti di kantin Deutsche Welle misalnya, nasi goreng itu dibuat dari nasi yang ditanak dan disiram dengan kuah kari.


2. Mie Goreng

Walau pun namanya "mie", Anda bisa-bisa disajikan mie goreng yang dibuat dari spaghetti atau makaroni yang digoreng bersama sayur-sayuran.


3. Gado-gado

Masakan ini di Jerman masuk kategori salat. Jadi bisa disantap sebagai makanan pembuka. Satu rasa yang hilang dari gado-gado versi Barat adalah jeruk purut.


4. Rendang

Yang khas dari rendang Indonesia adalah rasanya yang pedas. Tapi, di restoran Indonesia di Jerman, rasa rendangnya sudah disesuaikan untuk lidah orang Barat dengan tidak menggunakan terlalu banyak cabai.


5. Sate

Masakan ini banyak variasinya di Jerman. Tusukan dengan beberapa jamur saja disebut sebagai sate jamur. Dan sate yang biasanya dibakar di atas arang, di Barat cukup dimasukkan ke dalam oven saja.