7.7.16

>> Jurnalis Televisi ini dipecat karena minta gendong warga saat liputan banjir

Seorang reporter televisi Meksiko yang memicu banyak meme setelah dia minta digendong saat meliput bencana banjir, dipecat dari pekerjaannya. Lydua Cumming dihujani kritik setelah fotonya digendong warga Puebla, wilayah tengah Meksiko saat melintasi genangan air muncul di dunia maya dengan tagar #LadyReportera.

Lydia, yang ditugaskan meliput bencana banjir itu, meminta maaf atas insiden tersebut setelah kehilangan pekerjaan di salah satu stasiun televisi Meksiko, TV Azteca.

"Foto-foto itu memang menunjukkan kurangnya profesionalisme. Kami hanya ingin membantu tetapi kami malah menciptakan keburukan," kata Lydia.

Lydia mengatakan, saat itu dia tak mengenakan sepatu yang tepat untuk liputan bencana banjir seperti itu. Dalam wawancara dengan harian El Pais, saat warga menawari untuk menggendongnya, dia tak berani menolak karena takut dianggap tak sopan.

"Saya mencoba menjalin hubungan dan empati dengan warga setempat dan khawatir dianggap tak sopan jika menolak tawaran mereka. Saya digendong selama beberapa detik dan kemudian meminta mereka menurunkan saya," kata dia.

"Terlepas dari masalah ini, saya tetap ingin menjadi jurnalis, saya mencintai profesi ini, saya sudah meliput banyak bencana banjir dan saya juga berbasah-basah," tambah dia.

"Media sosial bisa sangat membantu atau menghancurkan Anda. Saya harus lebih hati-hati dan lebih waspada terkait apa yang saya bagi di media sosial," lanjut dia.

Sementara itu manajemen TV Azteca, lewat akun Twitternya, mengatakan, pihaknya tidak menjatuhkan hukuman terkait foto-foto yang beredar, tetapi karena kurangnya profesionalisme terhadap warga di lokasi peliputan.

"Untuk hal inilah Lydia Cumming bukan lagi bagian dari kami. Semua karyawan TV Azteca wajib untuk menghormati semua orang dan ini adalah jiwa perusahaan kami," tambah pernyataan itu.
(sumber)