22.7.16

>> 5 Rumah tinggal ini memiliki gaya arsitektur paling unik dan aneh

Rumah tinggal dengan empat dinding dan atap? Bagi orang-orang tertentu ini terlalu biasa dan membosankan. Lokasi dan bangunan unik berikut bisa menjadi pilihan untuk ditinggali.

Pabrik Semen


"La fábrica", demikian arsitek Spanyol Ricardo Bofill menamakan vila yang ia rombak dari bekas pabrik semen. Selama lebih dari 30 tahun ia tinggal disana dengan istri dan anaknya. Luas vila sekitar 500 meter persegi. Bofill membagi ruang yang ada menjadi beberapa kantor, pepustakaan, ruang tamu, dan ruang pameran.


Bunker


Saat Perang Dunia II, Hamburg membangun banyak bunker yang berfungsi sebagai tempat berlindung dari serangan udara. Ada lebih dari 1.000 saat perang berakhir. Karena bunker sulit untuk dibongkar, beberapa perusahaan arsitek mengubah fungsi dari bangunan tersebut. Bukan tugas yang mudah. Karena ketebalan tembok seringnya lebih dari 1 meter.


Cistern (Tempat Penampungan Air Bawah Tanah)


Dulu air disimpan di tempat penampungan bawah tanah di Lanzarote. Namun setelah penduduk desa Los Valles memperoleh pelayanan air, tempat penampungan tersebut dilupakan. Hingga beberapa tahun yang lalu, pasangan Oda and Yayo Fontes de Leon menemukannya dan merombaknya menjadi apartemen yang nyaman.


Hanggar Pesawat


Rumah di kota Uetze di Jerman Utara ini dulunya adalah hanggar pesawat. Saat hujan, bunyi air yang jatuh di atas atap logam cukup keras. Tapi selain itu, rumah ini menjadi tempat tinggal yang nyaman seluas 140 meter persegi. Saat tentara Inggris ditarik dari kawasan tersebut pada pertengahan 90-an, beberapa hanggar yang ditinggalkan diubah fungsinya.


Gereja


Apa yang bisa dilakukan gereja yang kehabisan uang? Antara lain menyewakan ruangannya. Di London ini jadi bisnis yang menguntungkan. Lantai kedua gereja Westbourne Grove Church di kawasan elit Notting Hill dirombak menjadi apartemen mewah.
(sumber)