12.7.16

>> 7 Benda paling berharga tanpa sengaja dibuang

Keteledoran dapat mendatangkan kerugian adalah hal yang tepat bagi kisah-kisah berikut ini. Tanpa menyadari kalau benda yang mereka buang adalah benda berharga, orang-orang ini akhirnya menyesali tindakan mereka membuang suatu benda.

Berlian 'Unique Pink' diperlihatkan saat jumpa pers di rumah lelang Sotheby di Jenewa, Swiss, Senin (9/5). Berlian ini akan ditawar dengan perkiraan harga USD 28 juta - USD 38 juta atau sekitar Rp 374 M - Rp 506 M.


1. Berlian
Benda berharga yang satu ini seringkali memiliki ukuran yang begitu kecil. Hal itulah yang membuatnya sering tanpa sengaja terbuang. Seorang staf toko perhiasan tanpa sengaja membuang sebutir berlian bernilai sekitar 66 miliar rupiah ke tempat sampah. Seorang satpam menemukan berlian itu. Sayang, ia justru ditangkap karena ketahuan mencoba menjual berlian tersebut di pasar gelap.

2. Kantung berisi uang
Wanita tua dari Inggris anpa sengaja membuang kantung yang berisi tabungannya senilai 12.000 pound sterling ke tempat sampah. Saat putrinya tahu, mereka langsung menghubungi manajer tempat pembuangan sampah. Namun, dia diberitahu uang itu sudah terkubur di bawah ribuan ton sampah.

3. Edisi pertama Harry Potter
Nigel Reynolds merupakan wartawan pertama yang mewawancarai JK Rowling saat belum terkenal. Ia menerima salinan edisi pertama Harry Potter dan Batu Bertuah sebagai tanda terima kasih dari Rowling. Karena berpikiran kalau buku itu tak akan laris, Nigel membuangnya ke tempat sampah dan ditemukan orang lain. Siapa sangka, kini salinan pertama itu terjual hingga 50.000 pound sterling.

4. Patung
Adakalanya seni modern terlalu sulit dipahami oleh orang-orang kebanyakan. Misalnya dua patung yang menyerupai tong sampah senilai 200 juta rupiah karya seniman Paul Branca. Karya Paul tersebut tak sengaja dibuang oleh karyawan galeri seni di Italia karena dikira tak bermanfaat.

Konsep desain MacBook Pro ini merupakan karya desainer gadget kondang Martin Hajek.

5. Komputer Apple generasi pertama
Salah satu mahakarya Steve Jobs adalah komputer Apple 1 yang diciptakan tahun 1976. Seorang wanita tua yang memilikinya tanpa tahu nilai benda tersebut tak sengaja memberikannya ke tempat daur ulang di California. Komputer itu kemudian terjual seharga 200.000 dolar Amerika di pelelangan.

6. Lotere
Sepasang suami-istri yang bermain lotere di Las Vegas gagal membawa pulang hadiah sebesar 915 juta dolar Amerika karena tak sabar. Setelah menulis angka yang akan keluar, ia kehilangan sabar saat menunggu antrean pembayaran lotere. Ia pun merobek tiket lotere tersebut dan memilih pergi.

7. Mesin Enigma
Salah satu rahasia pemerintah Inggris adalah pemecah kode enskripsi bernama Enigma yang digunakan untuk mengakhiri PD II. Entah bagaimana, benda tersebut berakhir di pabrik daur ulang. Padahal, harganya dapat mencapai 10.000 dolar Amerika.
(sumber)