20.7.16

>> Berikut 10 Daftar baru situs warisan Dunia UNESCO

UNESCO umumkan kandidat situs warisan dunia. Kandidat-kandidat lainnya yang juga masuk daftar tersebut akan diumumkan di Paris akhir tahun ini. Berikut beberapa situs yang terpilih:

Situs arkeologi di Eropa barat daya

Salah satu yang baru diproklamasikan Situs Warisan Dunia adalah kota abad pertengahan, Ani. Letaknya di Turki, negara tuan rumah konferensi UNESCO. Antara tahun 961 dan 1045, Ani adalah ibukota kerajaan Bagratid, Armenia. Yang juga masuk dalam daftar adalah kota Yunani kuno Filipi dan batu nisan abad pertengahan Stécci yang terletak di bekas Yugoslavia.


Situs gurun Iran

Saluran bawah tanah Qanat di Persia adalah satu-satunya monumen berteknologi yang ditambahkan ke dalam daftar kali ini. Qanat memasok air ke pemukiman di daerah kering. Situs kedua di Iran adalah gurun Lut. Ini adalah tempat terpanas di bumi dan untuk pertama kalinya UNESCO memasukannya dalam daftar situs warisan alam Iran.


Komplek Gua Neanderthal Gorham di Gibraltar

Empat gua di bagian timur Gibraltar menjadi saksi evolusi manusia. Para ahli mengatakan, ukiran abstrak di dinding gua membawa kembali ke zaman Neanderthal. Situs prasejarah terdaftar lainnya adalah Dolmen di Antequera, Spanyol Selatan. Situs ini adalah salah satu makam megalitik yang paling penting di Eropa.


Pusat Buddhisme India

Reruntuhan Nalanda Mahavihara di India adalah rumah bagi salah satu universitas Buddhis tertua. Para biarawan berdoa di sini dari abad ke-3 sampai ke-8. Situs lain UNESCO baru: taman nasional Khangchendzonga dengan gletser dan hutan di Himalaya.


Lukisan batu dan hutan di Cina

Cina juga rumah bagi dua situs warisan baru: lukisan batu di Gunung Hua Shan menggambarkan kehidupan dan ritual masyarakat Luoyue Kuno yang menetap di wilayah tersebut pada abad ke-5 SM. Situs lain UNESCO baru adalah hutan Shennongjia. Hutan terbesar di Cina Tengah adalah rumah bagi monyet emas dan spesies primata langka lainnya.


Pusat seremonial Mikronesia

Situs ini terdiri dari reruntuhan istana, kuil, situs pemakaman dan pemukiman di pulau-pulau kecil buatan di lepas pantai Pohnpei. Pusat upacara ini sangat berkembang dari masyarakat pulau yang 500 tahun yang lalu kehilangan pentingnya situs ini. Sekarang kota hancur Nan Madol terancam oleh naiknya permukaan air karena perubahan iklim.


Arsitektur Brasil yang modern

Ansambel modern di Pampulha terdiri kasino, sebuah ballroom, klub golf dan yacht dan gereja São Francisco de Assis. Pusat rekreasi ini dirancang di sekitar danau buatan. Bangunan tahun 1940 ini dirancang oleh arsitek Oscar Niemeyer.


Arsitektur kolonial di Karibia

Pertama kalinya Situs Warisan Dunia UNESCO memasukkan Antigua dan Barbuda: dua pulau yang kaya akan arsitektur kolonial dari abad ke-18. Ini termasuk Galangan Kapal Nelson, marina Laksamana Horatio Nelson, yang tinggal di galangan kapal dari tahun 1784 sampai 1787.


Tebing pantai yang spektakuler di Kanada

Kapal-kapal kerap karam di Mistaken Point. Sekarang, lokasinya menjadi situs fosil amat signifikan terletak di Semenanjung Avalon di Newfoundland. Fosil di sini berusia lima juta tahun dan termasuk di antara yang tertua di seluruh dunia. Lukisan-lukisan batu di wilayah Ennedi Chad lebih muda. Kompleks batu pasir besar di Sahara juga baru masuk Situs Warisan Dunia.


Le Corbusier di Stuttgart

Dua rumah Le Corbusier di Weissenhofsiedlung di Stuttgart terkenal di antara penggemar arsitektur. Salah satunya adalah rumah ganda yang telah menjadi museum sejak tahun 2002. Dari sini dapat dibayangkan bagaimana arsitek hidup dengan gaya modern pada tahun 1927.
(sumber)