16.7.16

>> Foto suasana Kota London di Pagi hari seperti Kota Hantu

Seorang fotografer bernama Benjamin Graham sengaja bangun pada pukul 02.30 dinihari untuk menghindari turis ataupun penumpang bus demi membuat sebuah latar foto berjudul London at Dawn. Beberapa jalan ramai yang biasa dijadikan tempat lalu lalang diambil gambarnya sebelum fajar dan terlihat seperti kota hantu yang menakutkan. Itulah yang membuat sang fotografer bersemangat untuk menangkap keindahan London tanpa penghuninya.

Untuk mengambil gambar dengan latar keramaian dengan jutaan orang, beberapa pekerja dan suasana di siang hari adalah kegiatan fotografer yang relatif sederhana di pusat Ibu Kota London.

Kata Benjamin “di kepala saya, saya dapat ide untuk mengambil gambar Kota London ketika tenang. Itu membuat saya berkeinginan untuk memfoto Kota London dengan ketenangannya dan terlihat baik. Rasanya seperti kamu tidak ingin benar-benar pergi di tengah malam dengan langit dan cahaya yang sangat indah.”

“Saya lebih suka memilih waktu di mana saat cahaya alami dan cahaya buatan menjadi satu, tetapi tetap seimbang. Dan untuk dapat menyaksikan itu, saya harus berada sebelum fajar,” tuturnya

Untuk menghindari sembilan juta penduduk London, fotografer harus melalui jalur dengan bus malam menuju kota demi berburu sunrise pada pukul 04.30.

Pria 56 tahun ini melanjutkan “tidak peduli seberapa sering alarm berbunyi pada pukul 02.30, kamu tidak akan pernah merasakan betapa bergunanya alarm saat itu. Namun sedikit agak terlihat salah karena bangun di jam itu.”

“Tetapi setelah alarm itu berhenti berbunyi lalu saya pergi dan keluar menggunakan bus malam menuju London, itu sangat luar biasa, karena saya dapat melihat pemandangan kota yang begitu kosong. Itu adalah hal Indah yang saya dapatkan setelah keluar rumah. Walaupun sulit untuk mendapatkan suasana seperti itu, tetapi biasanya makin sulit akan semakin bagus hasilnya.”

Latar bertajuk London at Dawn juga memasukkan nuansa sunset dari London Bridge dan pola geometris pada bangunan The Gherkin. Benjamin berharap agar warna sinar matahari terbit di London terlihat lebih hidup dan warna-warni.

Tetapi saat ini London memiliki langit abu-abu karena mendung.

Meskipun cuaca mengecewakan, Benjamin mampu mengandalkan cahaya fajar untuk menangkap bentuk nyata dari arsitektur Kota London pada detail yang Indah. Fotografer asal West Sussex ini mengatakan, “Saya memilih London karena memiliki campuran bangunan yang fantastis yaitu bangunan kontemporer dan bersejarah yang terkadang banyak yang menikmati kenyamanannya dengan duduk-duduk atau pun kegiatan lain.”

“Mereka menciptakan bentuk geometris dan bayangan yang benar-benar Indah. Saya menemukan jati diri saya di tempat luar biasa ini dan membuat saya mendapatkan gambar asimetris yang indah, dan mana saya senang melakukannya,” tuturnya.