25.7.16

>> Di India harga urine Sapi lebih mahal dibanding Susunya

Semua mafhum, air susu sapi sangat banyak manfaatnya untuk pertumbuhan anak. Karena banyak permintaan, maka harganya menjadi mahal. Namun di New Delhi India justru sebaliknya. Harga air kencing sapi justru lebih mahal dibanding susu sapi.

Air kencing atau urine dari sapi asli India yang dianggap suci oleh umat Hindu adalah komoditas paling menjanjikan. Hal ini berkat Perdana Menteri Narendra Modi yang sejak dua tahun lalu  membuat program untuk melindungi sapi-sapi tersebut dan menghentikan penjualan daging sapi ke negara-negara lain

Menurut Sunil Mansinghka, kepala koordinator Go-Vigyan Anusandhan Kendr, harga urine sapi yang lebih mahal dari susu tersebut karena urine bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan lebih dari 30 jenis penyakit.

Go-Vigyan Anusandhan Kendra adalah sebuah organisasi penelitian sapi yang berfokus di Nagpur yang didukung oleh dua kelompok Hindu.

"Ini adalah ambisi utama kami untuk mencipta obat mujarab untuk seluruh rakyat, " katanya.

Setiap pagi di penampungan sapi di Bulandshahar, negara bagian Uttar Pradesh, petugas sangat berhati-hati dalam memperlakukan air kencing sapu agar tidak tumpah.

"Yang paling sulit saat mengumpulkan urine sapi adalah kita tidak tahu kapan binatang tersebut akan kencing? Karena itu, para petugas pengumpul air kencing harus mengetahui gerakan hewan-hewan tersebut dan mengidentifikasi polanya dalam buang air kecil.

Ternyata permintaan urine sapi sangat tinggi di sini. Menurut direktur Acharya Balkrishna, mereka menyiapkan air kencing sapi 20 ton sehari dan urine sebanyak itu belum bisa memenuhi permintaan pasar.

Mereka mempercayai sistem penyembuhan holistik yang dikembangkan ribuan tahun yang lalu di India. Menurut dia, urine sapi atau "gomutra" dari sapi India mengandung sifat terapeutik khusus dan manfaat kesehatan.

Selain di India, terapi air kencing untuk penyembuhan juga dipraktikkan di Tiongkok. Bedanya, air seni yang dipakai di Tiongkok adalah air seninya sendiri.
(sumber)