27.3.16

>> Sepenggal keindahan taman Surga ada didalam Goa ini

Topografi Gua Vertikal di Provinsi Hubei, China ini akan membuat anda takjub. Sedikit berbeda dengan kondisi beberapa gua vertikal yang berada di Indonesia. Gua vertikal Indonesia biasanya memiliki sungai serta pemandangan stalaktit dan stalagmit yang menawan. Gua vertikal Hubei China ini justru memberikan sebuah taman dari surga.

Sebuah taman botani indah tumbuh secara alami di dalam sebuah gua vertikal di China Tengah. Lokasi tepatnya berada di Provinsi Hubei, China. Gua yang tersembunyi ini hampir sulit untuk disentuh oleh manusia. Untuk menuruninya saja hanya dengan satu jalan, yakni dengan bantuan tali. Tak banyak yang menyangka bahwa ekosistem yang lembab di dalam gua bisa menciptakan taman surga yang sangat indah dan menawan.

Gua vertikal yang berada di China ini terbentuk selama jutaan tahun yang lalu. Gua vertikal ini terbentuk karena proses gunung karst yang terbentuk di wilayah iklim nan lembang di Hubei, China.

Kondisi didalam gua sangat lembab dengan menyisakan sinar matahari yang masuk dari lubang ditas permukaan. Inilah yang disebut dengan gua vertikal karena hanya bisa diakses dengan menggunakan tali. Tak sedikit yang bisa masuk selain harus memilki keahlian khusus juga dibutuhkan perlatan yang memadai dan safety.

Yang sangat mengejutkan traveler dan peneliti, lingkungan yang lembab di dalam gua ternyata mampu menciptakan ekosistem yang subur bahkan hampir tak tersentuh oleh tangan manusia.

Tak mudah pula untuk menuruni gua vertikal dengan taman surga dibawahnya ini. Hanya beberapa orang saja yang pernah mengunjunginya dengan usaha yang sangat menantang. Kedalamannya saja diperkirakan sedalam hampir 300 meter (950 kaki). Dan tahu berapa luasnya taman surga didalam gua vertikal ini? Wow, hampir dua kali luas lapangan bola atau sekitar 6,7 hektar (16.47 are).

Iya, karena lokasinya yang tersembunyi dan aksesnya yang tidak mudah, taman surga dibawah gua vertikal Hubei China ini masih berkembang hingga saat ini. Banyak tumbuhan paku yang berkembang dengan indah di gua ini.

Taman surga dibawah permukaan gua vertikal ini cukup mendapat pasokan air dari hujan yang turun serta siraman sinar matahari yang keluar dari lubang gua vertikal. Tak ayal hingga kini taman tersembunyi yang tak banyak diketahui orang ini masih sangat terawat keasliannya.

Kondisi yang lembab kian menyuburkan tanaman. Sepertinya mereka hidup damai disini. Belum jelas apakah ada satwa yang bisa hidup di dalam gua vertikal ini mengingat luasnya taman surga tersembunyi ini.

Wangi bunga dapat tercium dengan lembut menyeruak saat anda tiba di taman surga ini. Beberapa tanaman merambat hidup abadi, lumut yang merayap di tanah dan bebatuan serta beberapa pohon palem yang rimbun membuat suasana semakin syahdu. Bak sebuah taman Firdaus di dalam gua.
( sumber )