28.3.16

>> Kereta tercepat di Dunia ini melesat 603 km per jam

Selama ini seperti yang banyak orang tau, kereta api paling cepat di dunia adalah kereta Shinkansen dari Jepang. Kereta api yang sering juga disebut dengan kereta peluru ini memiliki kecepatan maksimal 320 km/jam.

Namun posisi Shinkansen sepertinya telah digantikan sebuah kereta api yang baru saja menjalani uji coba kecepatan pada Selasa (21/04/2015) yang lalu di dekat Gunung Fuji. Dalam uji coba tersebut, kereta yang bernama Maglev (MAGnetically LEVitated trains) ini mampu melesat secepat 603 kilometer per jam, dan memecahkan rekor sebagai kereta tercepat di dunia.

Maglev adalah kereta api milik Central Japan Railway (JR Central) ini menggunakan teknologi levitasi magnetik. teknologi kereta itu mengangkat badan kereta api dari rel dan kemudian digerakkan oleh kekuatan magnet yang dihasilkan secara elektrik.

JR Central mengungkapkan, perusahaannya akan mulai melayani transportasi publik antara Tokyo dengan Nagoya pada tahun 2027 nanti. Dengan jarak Tokyo dan Nagoya yang mencapai 280 kilometer itu, dengan menggunakan kereta Maglev, maka jarak tersebut bisa ditempuh hanya dengan waktu 40 menit.

Walaupun cepat, tapi para penumpang nantinya tidak bisa menikmati kecepatan rekor dunia yang mencapai 603 km/jam tersebut. Karena perusahaan memberikan kecepatan maksimal 505 kilometer per jam, jika kereta Maglev nantinya beroperasi melayani transportasi publik.
( referensi )