29.3.16

>> Ikan Paus seberat 3,9 Ton ini terdampar di pantai China

Kalau di darat, gajah mungkin adalah hewan terbesar yang bisa bikin manusia melongo. Namun di samudera sana, ikan paus adalah pemegang rekor sebagai binatang terbesar. Jadi tentu kamu bisa membayangkan kalau ada ikan paus yang mendadak terdampar, akan cukup sulit untuk bisa mengembalikannya ke lautan.

Dan hal itulah yang beberapa pekan lalu terjadi di pinggiran pantai dekat kota Rizhao, provinsi Shandong, China. Seekor ikan paus dengan panjang sekitar 8,9 meter dan berat 3,9 ton terdampar. Hanya saja ikan paus yang terdampar itu dalam kondisi tak bernyawa alias sudah mati, seperti dilansir Shanghaiist.

Atas penemuan ikan paus besar itu, warga lokal kota nelayan itupun langsung memberitahu pihak terkait. Melihat bangkai ikan paus yang sangat besar, tentunya butuh usaha yang cukup besar pula memindahkannya agar tak mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau tak sedap.

Hanya saja, NetEase melaporkan jika ikan paus malang itu diduga kuat dibunuh oleh manusia karena ada bukti dia terjerat jaring ikan hingga tercekik sampai mati. Namun pihak terkait memilih untuk melakukan penyelidikan mendatang sehingga bangkai ikan paus itupun dibawa ke pabrik pembekuan. Pertanyaannya, dengan apa ikan paus itu dipindahkan?

Karena punya bobot lebih dari 3,9 ton, tak heran kalau akhirnya truk kontainer digunakan untuk membawa bangkai ikan paus itu. Dan mesin crane bangunan pun digunakan untuk mengangkat bangkai ke atas truk kontainer. Saat kontainer itu melintasi jalan dengan membawa bangkai ikan paus, warga pun dilaporkan melihatnya dengan takjub.

Sementara itu, bangkai ikan paus yang terdampar di pantai termasuk hal yang jarang terjadi di China. Semoga saja memang ikan paus itu tidak jadi korban pembantaian besar-besaran manusia.
( referensi )