28.3.16

>> 8 Fenomena Alam, lubang Bumi paling mengerikan

Fenomena alam ini tidak hanya luar biasa, namun beberapa di antaranya benar-benar menakutkan, baik yang terbentuk secara alamiah maupun buatan manusia.

1. Gerbang Neraka Pluto

Turki punya gerbang yang bisa membawa siapa saja langsung ke neraka! Mengapa diibaratkan demikian? Lubang penuh uap karbondioksida yang ada di sana memang sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup, dan bahkan mematikan. Gerbang yang disebut pluto gate ini ditemukan pada situs purbakala di kota Phrygian, Hierapolis yang sekarang disebut Pamukkale.


2. Gerbang Neraka Namaskaro


Terletak di Islandia, Namaskoro berada di dasar gunung Namatjall yang merupakan salah satu dari beberapa area vulkanik di sana. Merupakan pusat dari aktivitas panas bumi, seluruh area di sekitar tempat ini menggambarkan suasana yang suram. Kolam lumpur yang mendidih dengan zat sulfur di atasnya, membuat area ini dipenuhi uap gas vulkanik. Pemandangan di sana sangat mengerikan dan tempat ini mendapat julukan sebagai gerbang menuju valhalla.


3. Gerbang Surga Tianmen

Tidak  heran jika gunung Tianmen di China disebut heaven gate atau gerbang surga. Karena ketinggiannya, serta lubang besar yang ada di atas gunung ini, lebih menyerupai gerbang ke langit, yang identik dengan surga. Naik dari kaki gunung menuju ke lubang besar tersebut memang tampak seperti sedang berjalan menuju sebuah gerbang ke arah langit. Tempat ini layak masuk dalam daftar kunjungan keliling dunia.


4. Glory Hole  (California)

Ini adalah ‘Glory Hole’ di Bendungan Monticello, dan merupakan lubang jalan air terbesar di dunia, dengan ukuran ini mampu melimpaskan 14.400 kaki kubik air setiap detik. Glory hole berguna ketika bendungan dalam kondisi kelebihan air yang harus dilimpaskan dari waduk.


5. Cahaya Surga Gua Jomblang



Tak hanya lubang-lubang besar yang bisa mengirim kita ke neraka, di muka bumi ini juga ada lubang tempat masuknya cahaya surga. Luweng Grubug nama tempat tersebut. Letaknya di goa Jomblang, Indonesia. Lorong  sepanjang 300 meter di area goa Jomblang, membawa kita menuju sinar matahari yang menerobos masuk dari ketinggian 90 meter membentuk satu tiang cahaya indah yang diibaratkan sebagai cahaya surga.


6. Gerbang Neraka Afar Depression

Afar  Depression merupakan tempat di mana dua lempeng tektonik bertemu dan menjadi lokasi geologis paling aktif di dunia. Ada sebuah lubang besar di area tersebut yang merupakan danau lava. Menjadi danau lava terbesar di dunia, yang penuh api panas, lubang ini lantas dianggap sebagai gerbang menuju neraka. Bagaimana tidak, jika segala yang terperosok ke dalamnya pasti bakal meleleh.
( referensi )