31.3.16

>> Ini adalah Piramida tertua di muka Bumi, benarkah ?

Pada tahun 1914, sejarawan Belanda, N.J Krom terpukau saat melihat situs megalitikum di permukaan sebuah bukit di Cianjur, Jawa Barat. Sang ilmuwan menduganya sebagai kuburan. Sementara, warga lokal mengira, itu istana Prabu Siliwangi yang gagal dibangun dalam waktu semalam. Ia sempat menuliskan temuannya itu di  Rapporten van de Oudheidkundige Dienst. Namun, kemudian, situs itu sempat terlupakan.

Situs megalitikum Gunung Padang dilihat dari bukit batu di Kampung Cimanggu, Cianjur, Jawa Barat.

Pada 2011, Gunung Padang kembali jadi pusat perhatian. Saat itu, temuan tim peneliti katastrofi purba yang dibentuk kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana mengungkapkan, apa yang dilihat N.J Krom baru sekedar permukaan.

Hal menarik, kata mereka sejatinya ada di Perut Gunung Padang. Diduga, situs tersebut bukanlah bukit alami, melainkan sebuah bangunan buatan manusia masa lalu yang berperadaban maju, yang bentuknya pundek berundak mirip piramida. Jika terbukti, bisa jadi  Gunung Padang adalah punden berundak terbesar di dunia. Juga mungkin yang tertua.

Dua batu berdiri (menhir) yang ada jelang teras pertama situs Gunung Padang diyakini sebagai pintu pembuka lawang dan memiliki cerita tersendiri, Cianjur, Jawa Barat.

Seperti dikutip Daily Mail, 2 April 2015, ahli geologi, Danny Hilman meyakini, situs tersebut dibangun antara 9.000 hingga 20 ribu tahun lalu.  Jika benar, Gunung Padang lebih tua dari piramida Mesir yang dibuat pada 5.000 tahun lalu.

Salah satu teras yang ada di areal situs Gunung Padang di Kampung Cimanggu, Cianjur, Jawa Barat.

"Orang mengira masa prasejarah primitif, namun bangunan itu membuktikan anggapan tersebut salah," kata dia. Di tengah kontroversi dan perdebatan, hingga saat ini para ahli terus berusaha membuktikan keotentikan Gunung Padang.
( sumber )