27.3.16

>> Kisah seorang pria penyelamat 5000 anjing dari rumah potong hewan

Seorang pria asal Tiongkok telah menjadi penyelamat lebih dari 5 ribu anjing di Changchun, provinsi Jilin, dari orang-orang yang ingin menyembelihnya untuk menjadi hidangan di berbagai restoran.

Sejak tahun 2012, Wang Yan memang telah berkomitmen selama hidupnya untuk menyelamatkan anjing liar yang menjadi korban pemotongan hewan, pria berusia 29 tahun ini pun akhirnya membeli hewan berbulu itu di rumah potong hewan dan menempatkannya di sebuah pusat penyelamatan khusus hewan yang dimilikinya.

Wang mengatakan bahwa ia mulai mendedikasikan dirinya untuk menyelamatkan anjing-anjing liar setelah melihat bagaimana hewan ini dibunuh di dalam rumah jagal. "Melihat anjing dan menyaksikannya sebelum tewas benar-benar membuat saya sedih," ucap Wang.

Sebagian besar anjing liar yang diselamatkan oleh Wang tidak benar-benar dari Jillin, tapi dari daerah lain di Tiongkok. Karena sedang musim dingin, sebagian anjing bertahan dalam kondisi kesehatan yang memprihatinkan. Sedangkan ada beberapa anjing yang mati ketika berada di jalanan sebelum mereka mencapai rumah potong hewan.

Selama bertahun-tahun Wang memang telah menghabiskan setengah dari tabungannya untuk menyelamatkan anjing. Meski banyak orang telah mencoba untuk membujuknya berhenti, tapi dia tetap teguh dengan pilihannya.
( sumber )