31.3.16

>> Inilah rupa 4 Kupu-kupu paling langka di Dunia

Di dunia ini ada banyak sekali jenis hewan dan tanaman. Dan setiap jenis hewan ini ternyata juga memiliki jenis tersendiri yang menambah kekayaan hayati di dunia. Salah satu hewan yang memiliki banyak jenis adalah kupu-kupu. Hewan yang memiliki keindahan tersendiri ini ternyata diantaranya memiliki beberapa keunikan lain yang membuatnya langka. Salah satu hal yang diperhatikan dari kupu-kupu ini adalah warna dan ukuran sayapnya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa kupu-kupu paling langka di dunia.

1. Kupu-Kupu Burung Hantu Raksasa

 
Kupu-kupu jenis pertama yang merupakan jenis paling langka adalah kupu-kupu burung hantu raksasa. Tentunya Anda berpikir bukan arti dibalik nama jenis kupu-kupu ini? Ya, ternyata nama ini didapatkan dari adanya motif sayap sang kupu yang terggolong unik ini. Sayap kupu ini memiliki motif yang hampir sama dengan mata besar burung hantu.
Tidak hanya itu, namun ukuran sayap kupu-kupu ini sangat besar dibanding dengan sayap kupu lainnya yaitu mencapai ukuran 8 inchi. Hal inilah yang membuat kupu ini banyak diburu sehingga keberadaannya di alam bebas berkurang, namun jika Anda beruntung Anda bisa mendapati kupu-kupu burung hantu raksasa ini di bawah pohon.


2. Kupu-Kupu Transparan

Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar kata transparan? Ya, tentu saja akaa terlintas suatu benda yang tembus pandang. Namun ternyata transparan ini adalah nama seekor jenis kupu-kupu langka di dunia. Kupu-kupu yang di Eropa disebut dengan Glasswing Butterfly ini memiliki sayap yang indah yaitu berupa sayap tembus pandang yang sama halnya dengan kaca. Dengan bentuk sayap yang seperti ini tentu saja membuat kupu-kupu ini terlihat dengan jelas hingga kini keberadaan kupu ini di alam sudah jarang, namun dapat diketahui bahwa kupu transparan ini memiliki habitat di Amerika Tengah dan Meksiko.


3. Kupu-Kupu Ratu Alexandra Birdwing

Kupu-kupu yang memiliki nama Ratu Alexandra Birdwing ini juga termasuk dalam kupu yang paling langka di dunia. Kupu-kupu ini memiliki habitat asli di negara Indonesia khususnya di Papua Nugini. Tentunya hal ini merupakan suatu kekayaan alam dari Papua Nugini bukan? Namun ternyata keberadaannya cukup terancam karena kunikan kupu yang satu ini. Keunikannya yaitu terletak pada ukuran sayapnya yang sangat beaar sehingga kupu ini juga dinobatkan sebagai kupu terbesar di dunia. Tidak hanya itu, namun motif sayap kupu ini juga terlihat indah. Sehingga tidak salah jika kupu ini memiliki nama Ratu Alexandra.


4. Kupu-Kupu 88

Kupu-kupu berikutnya yang memiliki keunikan sehingga menjadikannya langka adalah kupu-kupu 88. Sesuai namanya, ternyata kupu unik ini memiliki motif sayap yang menyerupai angka 88. Dengan warna-warna yang verah membuat sayap kupu ini terlihat lebih indah, namun kurangnya kesadaran manusia akan kelangsungan hidup kupu unik ini membuat kupu-kupu ini sudah jarang terlihat dan menjadikannya kupu yang langka. Namun jika Anda ingin mengetahuinya, Anda bisa langsung datang ke habitat asli kupu-kupu 88 ini di Pantasal Brasil.
( sumber )