31.3.16

>> Persahabatan Harimau dan Biksu di Thailand

Selain pantai yang indah, Anda bisa mengunjungi Kuil Harimau saat berkunjung ke Thailand. Di sini, Anda bisa melihat ratusan harimau bermain dengan para biksu. Kuil Harimau (Tiger Temple) atau Wat Pha Luang adalah kuil Buddha Theravada di barat Thailand yang didirikan pada tahun 1994 sebagai sebuah kuil dan suaka bagi hewan liar, beberapa di antaranya adalah harimau .

Kuil ini terletak di distrik Saiyok provinsi Kanchanaburi dekat dengan perbatasan Myanmar, berjarak skitar 38 km sebelah barat laut Kanchanaburi.
Pada tahun 1999 kuil ini menerima harimau pertama yang telah ditemukan oleh penduduk desa, tapi akhirnya meninggal. Kemudian, beberapa anak harimau diberikan ke kuil dari waktu ke waktu, biasanya ketika ibu telah dibunuh oleh pemburu , orang lain yang ingin menyingkirkan harimau mereka "hewan peliharaan" atau mereka berada di bawah tekanan untuk melakukannya sebagai hukum dan kebijakan seputar menjaga spesies yang dilindungi menjadi lebih ketat. Pada 2007, lebih dari 21 anak panda telah lahir di kuil, dan jumlah harimau adalah sekitar 12 harimau dewasa dan 4 anaknya. Pada akhir Maret 2011 jumlah harimau yang hidup di kuil telah meningkat menjadi hampir 90 ekor.

Harimau ini ditanggani oleh para biksu Thailand, relawan internasional dan staf lokal. Awalnya mereka akan berkeliaran bebas di daerah ini tapi sekarang dengan meningkatnya pengunjung dan jumlah harimau yang duduk di ngarai mereka dirantai untuk alasan keamanan. Staf memandu pengunjung jika ingin mendekati, duduk bersama, dan meraba harimau ini.
Wisatawan juga dapat mengamati dari jarak dekat sekitar 10 meter. Pengelola mengklaim biaya masuk untuk makan dan pemeliharaan, dan untuk mendanai pembangunan tempat perlindungan harimau yang lebih besar yang akan memungkinkan hewan untuk hidup di lingkungan alami.

Kuil Harimau diperkirakan memiliki 100 harimau yang jinak. Kuil ini sempat menjadi sorotan setelah muncul dugaan adanya penganiayaan terhadap harimau. Pejabat perlindungan satwa liar Thailand baru-baru ini menyelidiki dugaan tersebut. Namun, sampai sekarang mereka tidak menemukan adanya bukti harimau dianiaya. Bahkan, para biksu terlihat akur bermain dengan harimau di kuil yang berletak di distrik Saiyok, Provinsi Kanchanaburi, sebelah Barat Kota Bangkok. Selain itu, dengan penuh kasih sayang para biksu memberikan air minum langsung dengan botol kepada beberapa harimau.

Selain biksu, para relawan juga terlihat berinteraksi dengan ratusan harimau. Terlihat beberapa relawan juga mengajak harimau berjalan-jalan dengan tali. Pemandangan ini tentu menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara yang berkunjung. Tidak jarang dari para turis mengabadikan aktivitas harimau dengan jepretan kamera.
( sumber1, sumber2 )