27.3.16

>> Pasukan khusus " Paratrooper " ahli dalam menembus garis musuh di medan perang


Penerjun payung (paratrooper) adalah tentara yang dilatih secara khusus dalam pengoperasian parasut serta memiliki kemampuan terjun payung. Para prajurit terjun payung dapat menembus medan perang di belakang garis musuh karena bisa diterjunkan langsung dari pesawat. Dalam sejarah peperangan yang melibatkan kekuatan udara, telah banyak tercatat misi-misi gemilang yang berhasil dilakukan oleh penerjun payung.

Konsep menggunakan parasut untuk mendaratkan tentara di daerah tertentu berkembang pesat saat Perang Dunia II. Penerjun payung bersifat sangat fleksibel dan umumnya didaratkan dalam kelompok kecil untuk kemudian secara cepat menjalankan misi yang diperintahkan.

Pasukan terjun payung yang diterjunkan di belakang garis pertahanan musuh berpotensi mengeksploitasi kelemahan musuh sekaligus melakukan misi awal sebelum kekuatan yang lebih besar melakukan serangan langsung. Pasukan terjun payung juga bisa digunakan untuk memata-matai wilayah musuh atau menyediakan cadangan pasukan yang diperlukan di daerah-daerah yang sulit dijangkau melalui darat.

Pasukan Parasut di Perang Dunia II juga mengembangkan parasut dan teknik rigging untuk menjatuhkan peralatan yang dibutuhkan ke medan perang. Saat ini, dengan teknik rigging yang makin canggih, menjadi dimungkinkan untuk menjatuhkan kendaraan dan senjata berat ke tanah bersama dengan persediaan untuk pengungsi dan objek lainnya. Rigging untuk benda berat membutuhkan keahlian khusus untuk memastikan objek tidak rusak selama penerjunan serta memastikan bahwa mereka jatuh di tempat yang tepat.

Untuk memenuhi syarat sebagai pasukan penerjun payung, seorang prajurit mengalami pelatihan reguler dan kemudian menerima pelatihan terjun payung khusus. Pelatihan memuat berbagai hal seperti teknik skydiving yang tepat, menggunakan parasut khusus yang digunakan dalam paratrooping, dan tentang teknik untuk tetap berada dalam formasi ketika terjun dalam kelompok besar. Biasanya, pasukan terjun payung merupakan bagian dari cabang udara militer, seperti Angkatan Udara.
( sumber )