4.2.16

>> Wow... Tuna sirip biru termahal ini seharga Rp. 1,62 Miliar

Tuna sirip biru yang langka dan termahal di dunia terjual sebesar USD 117.000 (Rp.1,62 miliar) dalam lelang Tahun Baru di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang.

Ikan dengan berat hampir 200 kg itu ditangkap di perairan utara Jepang. Harga tersebut tiga kali lebih tinggi dibandingkan rekor penjualan sebelumnya yaitu hanya 115,4 juta yen pada 2013. Pembeli ikan ini adalah Kiyoshi Kimura, seorang pemilik jaringan restoran sushi. Kimura berhasil memenangkan lelang ikan sebanyak lima kali berturut-turut. Lelang ikan awal tahun ini dikuti oleh para pemilik restoran, mereka berani merogoh kocek untuk menebus satu ikan dengan harga fantastis.


Pasalnya, ikan tersebut merupakan tangkapan pertama di tahun ini. Lelang tahun baru menjadi tradisi di pasar ikan terkenal yang telah berusia 80 tahun. Tahun lalu Kimura membeli ikan tuna sirip biru seharga 4,51 juta yen (Rp472,4 juta). Harga yang sangat jauh berbeda dengan yang dibayarkan pada lelang kemarin. Kendati demikian, pada 2013 Kimura membeli ikan dengan harga fantastis senilai 155 juta yen (Rp18 miliar).

Saat itu ikan yang dibeli dengan harga supermahal ini menuai banyak kritikan dan mendorong terjadinya penurunan harga pada tahun berikutnya. Sayangnya lelang ikan tuna sirip biru itu mendapatkan protes karena populasinya yang menurun tajam. ”Pemerintah harus menjamin keberadaan populasi tuna sirip biru,” kata Amanda Nickson, direktur Konservasi Tuna Global dari Pew Charitable Trusts, dikutip AFP.

Tuna sirip biru menjadi ikan paling mahal di pasar ikan Tsukiji. Tuna tersebut pun kerap menjadi sajian mahal di restoran mewah di Jepang. ”Mengingat populasinya yang hampir punah hingga 4%, menjadikan harga lelang semakin mahal,” tutur Nickson. Jepang merupakan negara yang paling banyak mengonsumsi mayoritas tuna sirip biru yang melimpah di seluruh dunia.

Meski penggemar sushi bertambah banyak dari berbagai belahan dunia. Permintaan tuna sirip biru juga mengalami peningkatan. Sehingga, populasi tuna yang ada tiga jenis di dunia ini mengalami penurunan dan di ambang kepunahan. Tuna sirip biru dapat ditemui di lautan Pasifik, Utara dan Atlantik.

Pecinta lingkungan telah mengingatkan bahwa ikan jenis ini sedang berada di ambang kepunahan dan mereka meminta untuk segera diterapkan aturan yang melarang jual-beli ikan tuna sirip biru.
( sumber )