2.2.16

>> Berburu Durian, inilah 6 jenis Durian paling enak


 Indonesia sebagai tempat asal durian, punya banyak sekali jenis durian, baik yang durian yang sudah dibudidayakan atau jenis durian hutan yang kurang komersil. Dari sekian banyak jenis durian ini ada beberapa varietas yang termasuk durian unggul baik karena rasa, ukuran dan kualitas daging buahnya dan Pemerintah sendiri sebenarnya sudah menetapkan 67 Jenis Durian unggul asli Indonesia.

Nama durian diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri, buah ini pun mendapat julukan "raja dari segala buah" (King of Fruit) karena baunya yang tajam. Bagi Anda pecinta dan hobi makan buah durian, berikut ada beberapa jenis buah durian yang paling di sukai oleh masyarakat di Indonesia:

1. Durian Monthong
Walaupun durian ini berhasil dikembangkan di thailand namun sebenarnya, bibit durian ini berasal dari pulau kalimantan. Durian ini di masukkan sebagai durian asli Indonesia saja. Buahnya terlihat menonjol dan ukurannya besar, memiliki rasa manis legit dan aroma harum. Durian Monthong banyak disukai petani durian karena mampu berproduksi pada umur 4-5 tahun sejak di tanam.

Produksi buahnya cukup banyak mampu beradaptasi pada berbagai tempat dan bentuk buah bervariasi, dari bulat panjang sampai hampir persegi. Durinya besar dan tersusun jarang dan bobot buahnya mampu mencapai 13 kg.

2. Durian Petruk
Durian Petruk atau yang juga dikenal dengan istilah Durio Zybethinus Kultivar Petruk ini memiliki perpaduan rasa yang unik. Aromanya tidak setajam durian montong, tapi rasa manisnya cukup dominan dan diselingi rasa pahit yang halus. Hal inilah yang menjadikan Durian Petruk istimewa. Ada pahit yang bersembunyi di balik rasa manisnya.

3. Durian Sukarno
Kok seperti nama Presiden pertama RI? Yups jenis buah durian Indonesia yang diberi nama sama dengan Presiden pertama RI ini berasal dari Provinsi Bengkulu. Daging buahnya tebal, dengan biji kecil, warna buah putih kekuningan, serta rasanya manis. Durian ini kandungan alkoholnya tinggi dan merupakan jenis durian paling disukai Bung Karno.

4. Durian Bawor
Durian Bawor Monthongnya Banyumas merupakan Durian monthong Orange. Bibit durian bhinneka bawor di hasilkan dari berbagai macam jenis spesies durian yang dijadikan menjadi satu batang dengan batang pokoknya bibit durian montong dengan spesies-spesies yang lain dari bibit durian lokal yang mutunya bagus.

5. Durian Tembaga
Jenis buah durian Indonesia ini bentuk buahnya bulat sempurna dengan duri kulit buahnya berbentuk lancip, langsing, dan rapat. Berat buah 2 – 3½ kg. Daging buah berwarna kuning pekat seperti tembaga, sangat tebal, berlemak, tekstur halus, sangat harum, dan sangat manis.

6. Durian sunan
Durian ini berasal dari Kota Boyolali, Jawa Tengah. Daging buahnya berwarna krem, tebal, serta kering berlemak dan teksturnya berserat halus dengan aroma tajam. Durian ini rasanya manis, duri kulitnya rapat dan panjang.

Nah itulah beberapa jenis buah durian Indonesia yang paling terkenal, sebenarnya hampir semua varian durian di Indonesia memiliki rasa yang enak dan tentunya semua sesuai selera masing-masing. Selamat berburu durian!
( sumber )