3.2.16

>> Fakta menarik seputar stasiun luar angkasa


Angkasa memiliki sejuta pesona dan misteri yang hingga kini banyak belum terpecahkan. Tak ayal ini mengundang ketertarikan bagi para ilmuwan dan kita tentunya. Banyak perbedaan atas apa yang terjadi di langit dan bumi. Ini menjadikan semesta semakin menarik untuk terus diteliti.

Ternyata, banyak fakta-fakta unik soal ruang angkasa dan pelbagai hal di sekitarnya. Seperti apa fakta tersebut? Berikut ulasanya.

Mahal
Baju Astronot untuk pergi ke luar bumi sangat mahal. Satu busana ini mencapai Rp 156 miliar.

Air Mata
Kamu gak bisa nangis di ruang angkasa. Air mata kamu gak akan pernah jatuh lantaran gak ada daya gravitasi.

Bau Ruang Angkasa
Kata para astronot yang pernah ke langit, ruang angkasa itu baunya mirip daging panggang setengah matang, baja panas, dan asap bekas nge-las.

Bom Hidrogen
Pada 1962 Amerika Serikat meledakkan bom hidrogen di angkasa dan daya hancurnya 100 kali lebih kuat dari bom atom yang meledak di Kota Hiroshima, Jepang, saat Perang Dunia II.

Rotasi
Astronot yang tinggal di stasiun ruang angkasa Internasional mengatakan mereka melewati 15 kali matahari terbit dan 15 kali matahari terbenam dalam sehari.

Proyek Termahal
Stasiun ruang angkasa Internasional merupakan proyek termahal sepanjang sejarah. Proyek ini sudah menghabiskan dana sekitar Rp 1.948 triliun.

Pohon Apel Isaac Newton
Sebuah kayu dari pohon apel yang pernah membantu Isaac Newton menemukan teori gravitasi ini diangkut ke ruang angkasa. Ilmuwan bertujuan melawan gravitasi dengan potongan kayu ini. Mereka percaya semangat Newton dari kayu ini bisa membantu mendapatkan kembali daya tarik bumi. Hadeh, ya kali.

Sinyal
Pada 1977 ada sinyal dari ruang angkasa dan berlangsung selama 1,26 menit. Hingga kini belum diketahui, sinyal apa itu.

Stasiun Ruang Angkasa Internasional
Stasiun ruang angkasa Internasional bentuknya mirip rumah dengan lima kamar besar dan mengorbit dengan kecepatan 28.164 kilometer per jam.

Tinggi Badan
Astronot yang udah di ruang angkasa tiba-tiba nambah tinggi lima sentimeter.
( sumber )