25.12.15

>> Wow... inilah keajaiban dunia hewan laut

Banyak satwa laut bersosok menakjubkan. Sekitar 30.000 spesies ikan terdata oleh ilmuwan dan banyak yang dalam evolusinya kembangkan kemampuan luar biasa dan unik. Inilah beberapa diantaranya:

Belut Listrik


Sesuai namanya, belut laut ini mampu bangkitkan listrik bertegangan tinggi hingga 600 Volt untuk membunuh mangsanya. Riset terbaru tunjukan, belut gunakan listrik impuls listrik tegangan tinggi sebagai alat pendeteksi mangsa seperti Echolot pada kelelewar.



Ikan Penyumpit


Ikan ini habitatnya adalah kawasan air payau, dinamai sesuai dengan caranya mencari mangsa. Ikan "melontarkan" semburan air berkecepatan tinggi, untuk menjatuhkan mangsanya, biasanya serangga dari pohon. Ikan besar bisa menyumpit hingga ketinggian 3 meter.



Pengamat Bintang


Ikan ini biasanya menyembunyikan diri dengan menimbun badannya dengan pasir. Hanya matanya yang nampak memandang ke atas, mengintai mangsanya, karena itulah dijuluki pengamat bintang. Hati-hati ikan jenis ini memiliki sengat beracun.



Ikan Batu


Beracun dan jago menyamar. Ikan nampak seperti batu yang ditumbuhi alga. Ikan memiliki duri amat beracun yang digunakan membunuh mangsanya, tapi juga dapat mematikan manusia jika tersengat.



Ikan Buntal


Punya perut elastis yang akan melembung diisi air jika merasa terancam. Ikan ini memproduksi racun pelumpuh mematikan tetrodotoxin. Tapi orang Jepang punya tradisi makan ikan buntal, dibuat sashimi dengan pengolahan profesional untuk menyingkirkan racunnya.



Ikan Pemancing


Untuk menarik perhatian mangsanya ikan punya "pancingan" di kepala yang disebut illicium. Ujung pancingan bahkan bercahaya, untuk makin memikat mangsa. Ikan pemancing habitatnya tersebar luas di lautan seluruh dunia.



Ikan Viper


Ikan ini habitatnya di laut dalam dengan tekanan amat tinggi, suhu amat rendah dan tanpa cahaya. Tampangnya seperti ular beludak (Viper) dilengkapi mulut lebar dan gigi tajam. Semua adalah hasil evolusi, untuk memungkinkan ikan menangkap mangsanya dengan mantap, di habitat ekstrim yang kekurangan makanan ini.



Ikan Sebelah


Ikan ini memang seolah hanya tinggal separuh. Dengan itu ikan bisa menyamar secara sempurna dan menyembunyikan diri dalam pasir. Selama evolusi sebuah matanya bermigrasi ke sisi yang sama dengan sebelah mata lainnya, hingga ikan berbentuk pipih.



Kuda Laut


Inilah ikan yang sejatinya amat unik. Ikan berenang dalam posisi "berdiri". Ikan jantan "melahirkan" anaknya, karena memiliki kantong untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. Jika ikan menetas, seolah ikan jantan melahirkan dari kantong khusus.



Ikan Mangrove


Ikan ini punya habitat unik bisa hidup di air tapi juga di kawasan berlumpur hutan mangrove. Namanya ikan tapi bisa menggunakan sirip depan untuk berjalan di darat. Ikan ini bisa bernafas melalui kulit seperti amfibi.



Hiu Martil


Sulit memahami evolusi jika tidak mengerti fungsinya. Hiu ini memiliki kepala yang punya dua perpanjangan pipih ke kiri dan ke kanan, dimana posisi mata berada di ujungnya. Bentuk seperti martil ini memungkinkan cakupan pandangan lebih luas dalam memburu mangsanya.
( sumber )