22.12.15

>> F-22 Raptor pesawat tempur tercanggih di Dunia saat ini

Perkembangan dunia militer belakangan ini sangat pesat, termasuk alutsista pesawat tempur. Banyak sekali negara-negara yang mengakuisisi pesawat tempur canggih untuk memperkuat kekuatan udara mereka. Namun kebanyakan negara-negara saat ini masih mengandalkan pesawat tempur generasi 4 sampai generasi 4+, karena mereka belum memiliki akses untuk memiliki pesawat tempur tercanggih dari generasi 5.


Selain itu pesawat tempur tercanggih dari generasi 5 yang sudah memiliki fitur siluman (stealth), masih sangat terbatas variannya dan hanya negara tertentu saja yang diizinkan untuk membelinya. Ditambah lagi harga pesawat tempur yang kelewat mahal ini membuat banyak negara berpikir ulang. Tercatat saat ini hanya satu jenis pesawat tempur siluman generasi 5 yang sudah lama beroperasi yaitu F-22 Raptor. F-22 raptor ini adalah pesawat tempur buatan Amerika yang dibuat oleh pabrikan Lockheed Martin.

Pesawat tempur generasi ke 5 lainnya yang sudah memiliki fitur siluman (stealth) masih belum lama beroperasi dan masih menjalankan serangkaian test. Sebut saja pesawat tempur F-35 lightning II yang juga buatan Lockheed Martin dan T-50 Pakfa yang merupakan pesawat tempur buatan Rusia. Keduanya masih melakukan serangkaian test sehingga belum beroperasi secara penuh. Maka tidak salah jika disebut bahwa F-22 Raptor adalah pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini.

Keunggulan F-22 Raptor Sebagai Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
Pesawat tempur F-22 Raptor adalah pesawat tempur kelas berat yang setara dengan F-15 Strike Eagle, namun F-22 memiliki beberapa kemampuan yang tidak dimiliki oleh F-15 Strike Eagle. Hal pertama yang menjadikan F-22 Raptor lebih canggih dari F-15 Strike Eagle adalah fitur siluman (stealth) yang memungkinkan pesawat tempur F-22 Raptor ini tidak terlihat dari radar musuh, sehingga bisa menyerang musuh tanpa terdeteksi.

Fitur siluman pada pesawat tempur ini dicapai berkat design dan material penyerap gelombang radar pada badan pesawat yang membuat sinyal radar lawan diserap dan dipancarkan tidak beraturan sehingga lawan tidak mendeteksi keberadaan pesawat ini. Tingkat penyerapan sinyal radar ini sering disebut Radar cross Section (RCS) dimana nilai RCS pesawat tempur ini adalah sekitar 0.001m2, yang jauh lebih kecil dari pesawat tempur mana pun di dunia saat ini. Hal ini lah yang membuat F-22 ini layak disebut sebagai pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini.

F-22 A Raptor Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia saat iniF-22 A Raptor Pesawat tempur tercanggih menambakkan rudal Aim-120C. Credit to : MSgt Michael Ammons - USAF, Source : Wikipedia.org

Selain design dan material RAM, pesawat tempur ini juga memiliki fitur penympanan senjata didalam badan pesawat (internal weapon bay) yang membantu pesawat ini mempertahankan fitur silumannya. Hal ini karena senjatanya berada didalam badan pesawat sehingga tidak menambah RCS pesawat. Namun meski senjatanya berada didalam pesawat, rudal ini bisa ditembakkan sebagaimana biasanya dengan membuka internal weapon bay tersebut. Kemampuan seperti ini sampai saat ini hanya dimiliki F-22 Raptor, F-35 lightning II dan T-50 PAKFA. Namun F-35 lightning II dan T-50 PAKFA masih belum beroperasinal secara penuh, sehingga F-22 Raptor masih layak disebut sebagai pesawat tempur tercanggih di dunia dalam item ini.


Selain itu, pesawat tempur F-22 Raptor ini memiliki avionic yang sangat canggih terutama radarnya yang sudah memakai radar AESA APG-77 yang memiliki ribuan T/R module dan power yang besar sehingga membuatnya mampu mendeteksi musuh dari jarak jauh sebelum musuh mendeteksinya. Selain itu teknologi Low Probability of Intercept Radar (LPI) pada radarnya membuat musuh tidak mengetahui bahwa mereka sudah dideteksi oleh radar pesawat tempur F-22 Raptor ini. Ditambah lagi kemampuan datalink yang sangat mumpuni di pesawat ini membuatnya tidak terlalu sulit mengalahkan pesawat tempur generasi 4 yang banyak dioperasikan di dunia saat ini.

Tidak hanya itu, kemampuan manuver pesawat tempur ini pun sangat istimewa dimana pesawat ini memiliki mesin F119-PW-100 buatan Pratt & Whitney dengan teknologi Thrut Vectoring di ekornya yang membuat energy buangan gas pembakaran bisa diarahkan sehingga menambah kelincahan manuver pesawat tempur. Teknologi ini juga dimiliki pesawat tempur Rusia seperti Su-30 MKI dan Su-35 BM. Ditambah lagi radius tempur dan kemampuan payload senjata yang besar membuat pesawat tempur F-22 Raptor ini semakin layak disebut sebagai pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini.
( sumber )