26.12.15

>> 5 Mesin terbesar yang pernah dibuat Manusia

1. Hadron Collider


Ini merupakan salah satu mesin paling besar di dunia, anehnya mesin sebesar ini digunakan untuk mempelajari komposisi terkecil yang kita kenal sebagai struktur atom. Pertama kali diciptakan pada tahun 1930, mesin ini digunakan untuk menyelidiki partikel fisika. Hadron Collider yang terletak dekat Jenewa, Swiss ini memiliki keliling lingkaran sekitar 17 mil dan dikubur 574 meter di bawah tanah.Rencananya, para ilmuan akan membuat mesin semacam ini lagi di bawah tanah dan besarnya tiga kali dari Hadron Collider.



2. Bagger 293


Bagger 293 merupakan mesin penggali terbesar di dunia yang pernah diciptakan. Mulai dibangun di Jerman pada tahun 1995, mesin ini memiliki tinggi 315 kaki (96 meter), panjang 740 kaki (225 meter) dan berat 31 juta pound. Mesin ini menggunakan lima operator untuk mendorong secara bersamaan, dan dapat memindahkan 8,5 juta kubik tanah per hari.



3. Bertha


Bertha adalah sebuah nama yang diberikan untuk bor terowongan terbesar di dunia. Mesin ini memiliki panjang 300 kaki (91 meter), berat sekitar 7.000 ton dan diamter sekitar 17,5 meter. Namun, pada tanggal 6 Desember 2013 lalu, mesin ini dhentikan. Meskipun sudah dihentikan, tapi mesin ini tetap termasuk salah satu mesin terbesar di dunia.



4. Mesin Laba-Laba Raksasa


Di Liverpool, laba-laba mekanik raksasa bernama La Princesse pernah jalan-jalan di sekitar kota. Mesin laba-laba besar ini memiliki berat 37 ton, tinggi 15 meter dan juga 50 sumbu hidrolik untuk bergerak. Dibutuhkan 12 orang untuk mengemudikan laba-laba raksasa ini dan untuk memindahkannya dibutuhkan setidaknya 16 mesin derek.Beberapa orang yang melihat mesin laba-laba raksasa itu merasa ketakutan terutama anak-anak, mereka lebih memilih bersembunyi daripada melihat mesin laba-laba menakutkan ini.



5. Mesin Penjual Terbesar di Dunia


Beberapa pusat perbelanjaan memiliki beberapa cara unik untuk menarik perhatian orang. Salah satunya pusat perbelanjaan yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia, Berjaya Times Square. Untuk memperingati ulang tahun yang ke 10, mereka memutuskan untuk membangun mesin penjual otomastis terbesar di dunia

Setidaknya membutuhkan waktu 6 bulan untuk merencanakan dan membangun mesin ini, dan 7 minggu untuk merakit mesin penjual besar ini. Beratnya yaitu sekitar 7.000 pound (3.175 kg). Sebuah kapsul berdiameter 4,5 m yang menyerupai globe ini berdiri di atas kayu lapis baja.
Mesin penjual terbesar
( referensi )