20.12.15

>> Wow... inilah 5 pohon ajaib, terbesar dan tertua dari seluruh Dunia

1. Dilihat dari Ukurannya
Pohon 'General Sherman' adalah pohon terbesar di dunia. Pohon ini dapat ditemukan di Taman Nasional Sequoia di Kalifornia. Dengan tingginya yang menjulang hampir 84 meter, pohon ini bukan pohon tertinggi, tapi ketebalan batangnya rata-rata mencapai lima meter, sehingga pohon ini tergolong pohon berbatang amat tebal. Umurnya diperkirakan mencapai 1.900-2.500 tahun.




2. Si Gendut dari Meksiko
Pohon 'El Arbol del Tule' tingginya hanya 42 meter, tapi diameter batang kayunya mencapai rekor 14,05 meter. Menurut legenda, pohon ini ditanam sekitar 1.400 tahun yang lalu oleh seorang imam dari Suku Aztec Ehecatl. Posisinya yang berada di situs suci merupakan indikasi keakuratan legenda itu. Para peneliti telah menghitung beratnya: Hasilnya adalah 636 ton!




3. Metusalah Tak Lagi Tertua
Di Kalifornia juga terdapat pohon 'Metusalah,' persisnya terletak pada ketinggian 3.000 meter di White Mountains. Sejenis pinus ini sempat dianggap pohon tertua di dunia dengan usianya yang mencapai 4.779 tahun. Namun pada tahun 2012, ada pohon lain dari genus yang sama, yang usianya lebih tua 300 tahun dari Metusalah. Posisi tepatnya tidak pernah dipublikasikan, guna melindungi pohon tersebut.




4. Peninggalan Zaman Es
Pohon 'Old Tjikko' berdiri tegak di Swedia. Spruce atau sejenis cemara paku ini berusia sekitar 9.550 tahun dan merupakan jenis pohon tertua di dunia yang diketahui hidup secara individu. Yang tampak dalam gambar diperkirakan hanya beberapa ratus tahun usianya. Tapi bagian dari sistem akar - dimana selalu tumbuh galur baru - berasal dari zaman es hampir 10.000 tahun yang lalu.




5. Cekikan Pohon Ara
Pada Abad Pertengahan, Angkor Wat di Kamboja adalah salah satu kota terbesar di muka bumi. Ketika candinya mulai diabaikan, alam datang menguasai. Benih ara yang dibawa oleh burung, berakhir di cabang-cabang pohon beringin. Dari sana kemudian tumbuh ke bawah tanaman ara dan 'mencekik' pohon inang mereka, sehingga kemudian terbentuk rongga yang khas.
( sumber )