28.12.15

>> Fakta luar biasa tentang jantung manusia


Jantung yang kita kenal sebagai salah satu organ penting dan mungkin bisa dikatakan jika jantung berhenti berdetak maka kehidupan pun akan berhenti saat itu juga. Selain itu, di balik peran penting jantung dalam kehidupan manusia, Inilah Fakta Menarik Seputar Jantung Manusia yang perlu anda ketahui, di antaranya :

  1. Jantung berdenyut rata-rata sebanyak 72 kali dalam setiap menit. Ini artinya jantung dapat berdenyut hingga sebanyak 100.000 kali dalam sehari serta 3.600.000 selama setahun.
  2. Jantung mampu menghasilkan energi yang cukup untuk menyetir truk sejauh 20 ml atau 32 km.
  3. Jantung mulai  berdenyut saat 4 minggu setelah pembuahan (janin masih dalam kandungan), yang kemudian terus berdenyut hingga seseorang meninggal.
  4. Bayi memiliki jumlah sel pada jantung yang sama dengan orang dewasa, namun ukurannya hanya 1/16 kali dari jantung orang dewasa.
  5. Bayi yang baru lahir memiliki denyut jantung lebih cepat, yaitu sekitar 70-190 denyut per menit.
  6. Wanita memiliki jantung yang lebih kecil 25% dibandingkan dengan jantung pria. Akibatnya, jantung wanita harus mampu berdenyut 6 kali lebih banyak dibandingkan jantung pria untuk memompa jumlah darah yang memadai ke seluruh bagian tubuh.
  7. Suara degup jantung yang bisa terdengar adalah suara yang muncul akibat membuka dan menutupnya 4 katup jantung.
  8. Satu dari tiga kemungkinan serangan jantung pertama adalah kesempatan terakhir bagi hidup seseorang. Artinya, sepertiga serangan jantung pertama dapat mengakibatkan hal yang fatal.
  9. Kemungkinan seseorang mengalami serangan jantung lebih besar pada hari senin dibandingkan hari lain dalam seminggu.
  10. Menurut kepercayaan orang Mesir kuno, jantung bersama organ lainnya memiliki kemauan sendiri sehingga bisa bergerak di dalam tubuh.

Betapa luar biasanya Mahakarya Sang Pencipta dengan segala fungsi dan kehebatannya sebagai penopang hidup manusia. Dan sebagai makhluk yang diberikan keunggulan, sudah seharusnya kita menjaga dan merawat mahakarya tersebut.
( sumber )