30.6.16

>> Hidangan di Cafe ini disajikan menggunakan Kloset jongkok

Beberapa hari ininetizen dihebohkan dengan kemunculan Cafe Jamban milik Dr BudiLaksono yang memiliki konsep yang unik bahkan banyak juga yang mengatakan menjijikan. Hidangan yang disajikan di Cafe Jamban ini sama seperti hidangan di cafe lainnya. Dalam beberapa gambar terlihat ada sop buah yang tersaji dan bakso. Namun, ternyata yang membuat kontroversi bukanlah hidangannya, melainkan cara penyajiannya.


Kuliner-kuliner di Cafe Jamban ini ternyata disajikan dengan kloset jongkok. Benar, yang menjadi nampan atau wadah kuliner-kuliner lezat ini bukan piring atau mangkuk pada umumnya, tapi berupa toilet jongkok yang kerap kita gunakan untuk buang air kecil dan buang air besar.

“Dr Budi Laksono bikin Cafe unik yaitu cafe jamban. Semua makanan dihidangkan di kloset. Anda mau coba sensasinya? ‪#‎kickandy‬ jumat,1 juli pkl 20.05,wib” begitu isi pesan dalam status yang baru diupdate oleh admin Kick Andy Show.


Dalam dunia kuliner, Cafe Jamban ini bukanlah yang pertama. Di Taipei, Taiwan sudah lebih dahulu mendunia sebuah modern toilet cafe. Bukan hanya wadah dan interior cafenya saja yang bertemakan modern toilet namun juga kulinernya sengaja dibentuk seperti kotoran. Entah bagimana rasanya.

Namun bedanya, konsep modern toilet menggunakan kloset duduk. Sedangkan konsep Cafe Jamban di Indonesia menggunakan kloset jongkok. Kloset jongkok memang lebih populer di gunakan oleh masyarakat menengah ke bawah. Sedangkan kloset duduk pun sudah tersedia di berbagai fasilitas umum seperti Mal. Namun dalam beberapa toilet umum kerap masih ada yang menyediakan dua kloset yang berbeda untuk memberikan pilihan pada penggunanya.
(sumber)